PENGARUH METODE DISKUSI PADA KETERAMPILAN QIROAH TERHADAP MINAT DALAM BELAJAR BAHASA ARAB (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMP MUHAMMADIYAH 31 JAKARTA)

RATNA WULANDARI PUTRI, . (2025) PENGARUH METODE DISKUSI PADA KETERAMPILAN QIROAH TERHADAP MINAT DALAM BELAJAR BAHASA ARAB (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMP MUHAMMADIYAH 31 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER..pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (807kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (661kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ratna Wulandari Putri. “Pengaruh Metode Diskusi Qiroah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Minat Belajar Siswa (Penelitian Experimen di SMP Muhammadiyah 31 Jakarta).” Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta 2025. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 31 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Diskusi Qiroah dalam Pembelajaran Bahasa arab terhadap Minat Belajar Siswa siswa SMP Muhammadiyah 31 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 31 Jakarta dengan sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen terdiri atas 29 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol terdiri atas 29 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup berjumlah 25 soal dengan skor berkisar antara 1 sampai 5. Teknik analisis data yang digunakan mencakup statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum melakukan uji hipotesis, dilakukan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dengan nilai 0,200 untuk kelas kontrol dan 0,200 untuk kelas eksperimen, yang kedua-duanya lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Uji homogenitas dilakukan dengan uji Bartlett, yang menunjukkan nilai x^2hitung sebesar 1,48 < x^2 tabel sebesar 1,88. Hasil angket minat menunjukkan rata-rata nilai sebesar 92,38 dengan nilai tertinggi 120 dan terendah 72 untuk kelompok yang menggunakan metode diskusi. Sedangkan kelompok yang menggunakan metode ceramah memperoleh rata-rata hasil post-test sebesar 78,52, dengan nilai tertinggi 104 dan terendah 47. Hasil uji t pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa t hitung sebesar 4,640 > t tabel sebesar 2,001, sehingga hipotesis penelitian diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran diskusi memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar bahasa Arab siswa, dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil minat belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan metode pembelajaran diskusi. Kata Kunci: Minat Belajar, Metode Diskusi.***** Ratna Wulandari Putri. "The Influence of the Qiroah Discussion Method in Arabic Language Learning on Students' Learning Interest (An Experimental Study at SMP Muhammadiyah 31 Jakarta)". Arabic Language Education Study Program, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta, 2025. This study was conducted at SMP Muhammadiyah 31 Jakarta during the odd semester of the 2024/2025 academic year with the aim of determining the influence of the Qiroah Discussion Method in Arabic language learning on the learning interest of students at SMP Muhammadiyah 31 Jakarta. The study employed an experimental method. The population of the study included all eighth-grade students at SMP Muhammadiyah 31 Jakarta, with Class VIII A as the experimental group comprising 29 students and Class VIII C as the control group, also comprising 29 students. The sampling technique used was purposive sampling. The data collection technique utilized a closed-ended questionnaire consisting of 25 questions, with scores ranging from 1 to 5. The data analysis techniques included descriptive statistics and hypothesis testing using the t-test with a significance level of 0.05. Prior to hypothesis testing, normality testing was conducted using the Kolmogorov-Smirnov test, yielding a value of 0.200 for both the control and experimental groups, both of which exceeded the significance level of 0.05. Homogeneity testing was carried out using Bartlett's test, showing a calculated \(x^2\) value of 1.48, which was less than the table \(x^2\) value of 1.88. The questionnaire results on learning interest showed an average score of 92.38, with the highest score being 120 and the lowest 72 for the group using the discussion method. Meanwhile, the group using the lecture method achieved an average post-test score of 78.52, with the highest score being 104 and the lowest 47. The t-test results at a significance level of 0.05 indicated that the calculated \(t\)-value was 4.640, which was greater than the table \(t\)-value of 2.001, thus accepting the research hypothesis. The research concluded that the discussion method of teaching has an impact on students' Arabic language learning desire, as the group that used the discussion method showed a higher average score compared to the group that did not use the discussion method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Chakam Failasuf,M.Pd. ; 2). Dr. Ahmad Murodi, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ratna Wulandari Putri .
Date Deposited: 13 Mar 2025 06:05
Last Modified: 13 Mar 2025 06:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55572

Actions (login required)

View Item View Item