POLA ASUH DALAM MEMBANGUN PENYESUAIN DIRI BAGI ANAK HAMBATAN EMOSI DAN PERILAKU OLEH PENGASUH DI SENTRA HANDAYANI (STUDI SLB-E HANDAYANI BAMBU APUS, CIPAYUNG JAKARTA TIMUR)

BELLA ANGGARINI, . (2025) POLA ASUH DALAM MEMBANGUN PENYESUAIN DIRI BAGI ANAK HAMBATAN EMOSI DAN PERILAKU OLEH PENGASUH DI SENTRA HANDAYANI (STUDI SLB-E HANDAYANI BAMBU APUS, CIPAYUNG JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku Menyimpang merupakan perilaku yang dianggap bertentangan dengan norma atau peraturan yang berlaku di dalam masyarakat. Perilaku menyimpang atau perilaku yang tidak sesuai dengan norma dan peraturan yang dilakukan oleh anakanak biasanya disebut dengan anak dengan hambatan emosi dan perilaku. Anak dengan hambatan emosi dan perilaku umumnya diasosiasikan dengan anak yang sering menimbulkan keresahan dan keonaran baik di sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Munculnya perilaku menyimpang pada anak merupakan dampak dari lingkungan keluarga yang kurang baik karena hasil proses sosialisasi yang tidak sempurna karena ini lah salah satu pemicu anak melakukan tindakan perilaku menyimpang. Pentingnya untuk menyadari bahwa anak yang cenderung melakukan kenakalan adalah anak yang tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tua, namun banyak dari orang tua lepas tanggung jawab yang mengakibatkan perkembangan anak dalam mengelola emosi tidak terpenuhi. Oleh karena itu, pentingnya peran pola asuh pengganti orang tua melalui pengasuh dan memberikan pola asuh yang tepat bagi anak dengan hambatan emosi dan perilaku karena adanya pola asuh yang tidak baik dapat mempengaruhi perkembangan anak, sebaliknya jika anak mendapatkan pola asuh yang baik perkembangan anak akan berkembang secara maksimal. Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian ini dengan bertujuan mengetahui pola asuh pengasuh dan penyesuaian diri bagi anak hambatan emosi dan perilaku yang dilakukan pengasuh Sentra Handayani bagi anak SLB-E Handayani. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan motode reduksi data dan triangulasi data. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi pengasuh dan orang tua, sekolah, dan guru untuk lebih memperhatikan anak karena peran pola asuh sangatlah penting, pola asuh yang baik memberikan landasan kokoh untuk perkembangan anak secara emosional, sosial, mental. Melalui pola asuh yang positif, anak akan belajar mengembangkan keterampilan sosial, mengatur emosi, mengambil keputusan yang baik, dan membangun hubungan yang sehat. ***** Deviant behavior is behavior that is considered contrary to the norms or regulations that apply in society. Deviant behavior or behavior that is not in accordance with norms and rules carried out by children is usually called a child with emotional and behavioral barriers. Children with emotional and behavioral barriers are generally associated with children who often cause anxiety and trouble in school, family and society. The emergence of deviant behavior in children is the impact of an unfavorable family environment due to the imperfect socialization process because this is one of the triggers for children to commit acts of deviant behavior. It is important to realize that children who tend to commit delinquency are children who do not receive love from their parents, but many parents neglect their responsibility which results in children's development in managing emotions not being fulfilled. Therefore, the importance of the role of substitute parenting patterns for parents through caregivers and providing appropriate parenting patterns for children with emotional and behavioral barriers because bad parenting patterns can affect the child's development, on the other hand, if children receive good parenting patterns, the child's development will develop. maximally. Based on this, the author conducted this research with the aim of knowing the parenting patterns of caregivers and adjustments for children with emotional and behavioral barriers carried out by Handayani Center caregivers for Handayani SLB-E children. This research uses qualitative research with descriptive methods. Data collection techniques were obtained through observation, interviews and documentation. This research uses descriptive data analysis with data reduction and data triangulation methods. It is hoped that the results of this research can be a guide for caregivers and parents, schools and teachers to pay more attention to children because the role of parenting is very important, good parenting provides a solid foundation for children's development emotionally, socially and mentally. Through positive parenting, children will learn to develop social skills, regulate emotions, make good decisions, and build healthy relationships.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ishak G Bachtiar M.Pd; 2). Dr. Lalan Erlani Ed, S. M.Ed
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Bella Anggarini .
Date Deposited: 13 Mar 2025 02:45
Last Modified: 14 Mar 2025 01:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55580

Actions (login required)

View Item View Item