PENGARUH STRATEGI FISHBOWL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMP ISLAM PB SOEDIRMAN

RAHMA SERLY CAHYANINGRUM, . (2025) PENGARUH STRATEGI FISHBOWL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMP ISLAM PB SOEDIRMAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] Text
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rahma Serly Cahyaningrum, 1205620031. “PENGARUH STRATEGI FISHBOWL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMP ISLAM PB SOEDIRMAN”. Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Fishbowl terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa SMP Islam PB Soedirman. Penelitian ini mengunakan desain eksperimen jenis quasi eksperimental dengan tipe control group design only. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP Islam PB Soedirman Jakarta, dengan sampel yang terdiri dari kelas VIII-A (sebagai kelompok Eksperimen dengan 35 siswa) dan kelas VIII-B (sebagai kelompok Kontrol dengan 35 siswa), dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penilaian yang digunakan adalah ujian akhir berupa 25 soal pilihan ganda yang diberikan pada akhir periode pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan mencakup statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum melakukan uji hipotesis, dilakukan uji normalitas menggunakan uji Liliefors dengan nilai 0,071 untuk kelas kontrol dan 0,100 untuk kelas eksperimen, yang kedua-duanya lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Uji homogenitas dilakukan dengan SPSS, yang menunjukkan F sig lebih besar dari 0,05 yaitu, 0,949. Hasil post-test menunjukkan rata-rata nilai sebesar 85,14 dengan nilai tertinggi 96 dan terendah 68 untuk kelas eksperimen yang menggunakan Strategi fishbowl, sedangkan kelompok yang menggunakan Metode ceramah dan tanya jawab memperoleh rata-rata hasil post-test sebesar 67,20 dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 52. Hasil uji t pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa t hitung sebesar 7,397 > t tabel sebesar 1,994, sehingga hipotesis penelitian diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Strategi fishbowl memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa arab siswa, seagaimana dibuktikan oleh skor rata-rata nilai yang lebih tinggi dari kelas yang menggunakan Strategi Fishbowl dibandingkan kelas yang tidak menggunakan Strategi Fishbowl. Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Strategi Fishbowl, Hasil Belajar.***** Rahma Serly Cahyaningrum, 1205620031. "The Effect of Fishbowl Strategy on Arabic Language Learning Outcomes of Students of SMP Islam PB Soedirman". Thesis. Jakarta: Department of Arabic Language Education, Faculty of Languages and Arts, State University of Jakarta 2024. This study aims to determine the Effect of the Fishbowl Strategy on Arabic Language Learning Outcomes of Students of SMP Islam PB Soedirman. This study uses a quasi-experimental design with a control group design only type. The study population consisted of all students of class VIII of SMP Islam PB Soedirman Jakarta, with samples consisting of class VIII-A (as the Experimental group with 35 students) and class VIII-B (as the Control group with 35 students), selected using the Cluster Random Sampling technique. The assessment instrument used was a final exam in the form of 25 multiple-choice questions given at the end of the learning period. The data analysis techniques used include descriptive statistics and hypothesis testing using the t-test with a significance level of 0.05. Before conducting the hypothesis test, a normality test was carried out using the Liliefors test with a value of 0.071 for the control class and 0.100 for the experimental class, both of which were greater than the significance level of 0.05. The homogeneity test was carried out with SPSS, which showed F sig greater than 0.05, namely, 0.949. The post-test results showed an average score of 85.14 with the highest score of 96 and the lowest score of 68 for the experimental class using the fishbowl strategy, while the group using the lecture and question and answer learning method obtained an average post-test result of 67.20 with the highest score of 80 and the lowest 52. The results of the t-test at a significance level of 0.05 showed that the calculated t was 7.397> t table of 1.994, so the research hypothesis was accepted. This study concludes that the Fishbowl Strategy has a significant influence on students' Arabic language learning outcomes, as evidenced by the higher average scores of the class using the Fishbowl Strategy compared to the class not using the Fishbowl Strategy. Keywords: Learning Strategy, Fishbowl Strategy, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Chakam Failasuf, M.Pd. 2). Dr. Puti Zulharby, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rahma Serly Cahyaningrum .
Date Deposited: 13 Mar 2025 06:37
Last Modified: 13 Mar 2025 06:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55591

Actions (login required)

View Item View Item