GAMBARAN HARGA DIRI PESERTA DIDIK SMA 1 CAWANG BARU JAKARTA TIMUR

HANNA NUR SYAHIDAH, . (2025) GAMBARAN HARGA DIRI PESERTA DIDIK SMA 1 CAWANG BARU JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Harga diri merupakan aspek psikologis yang berperan penting dalam kehidupan individu, terutama pada masa remaja. Memahami gambaran harga diri siswa sangat penting dalam upaya mendukung perkembangan psikologis dan sosial mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai harga diri siswa di SMA 1 Cawang Baru, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 237 siswa yang dipilih menggunakan teknik sampel berdasarkan rumus Slovin. Jika dibagai berdasarkan jenis kelamin, laki-laki sebanyak 83 siswa dan perempuan sebanyak 154 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Self-Esteem Inventory (CSEI) yang dikembangkan oleh Coopersmith untuk mengukur harga diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki harga diri dalam kategori tinggi 57% sementara 43% siswa berada dalam kategori harga diri rendah. Berdasarkan analisis jenis kelamin, siswa laki-laki yang memiliki harga diri tinggi sebanyak 59%, dan siswa perempuan sebanyak 56%. Sedangkan berdasarkan harga diri rendah, siswa laki-laki sebanyak 41% dan perempuan sebanyak 44%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sebagian besar peserta didik SMA 1 Cawang Baru memiliki harga diri yang baik, meskipun masih terdapat sebagian siswa yang memiliki harga diri rendah. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi upaya peningkatan kesejahteraan siswa melalui pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya harga diri dalam kehidupan mereka. Lebih lanjut, penelitian ini juga membuka peluang bagi penelitian lanjutan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang lebih spesifik yang mempengaruhi harga diri siswa serta intervensi yang efektif dalam meningkatkan harga diri mereka. **** Self-esteem is a psychological aspect that plays an important role in an individual's life, especially during adolescence. Understanding the picture of students' self-esteem is very important in supporting their psychological and social development. This study aims to obtain a picture of students' self-esteem at SMA 1 Cawang Baru, East Jakarta. The research method used is a survey with a descriptive approach. The research sample consisted of 237 students selected using a sampling technique based on the Slovin formula. If divided by gender, there are 83 male students and 154 female students. The instrument used in this study is the Self-Esteem Inventory (CSEI) developed by Coopersmith to measure students' self-esteem. The results showed that the majority of students had self-esteem in the high category 57% while 43% of students were in the low self-esteem category. Based on gender analysis, 59% of male students had high self-esteem, and 56% of female students. While based on low self-esteem, 41% of male students and 44% of female students. The conclusion of this study is that most students of SMA 1 Cawang Baru have good self-esteem, although there are still some students who have low self-esteem. Thus, this study is expected to contribute to efforts to improve student welfare through a better understanding of the importance of self-esteem in their lives. Furthermore, this study also opens up opportunities for further research to explore more specific factors that influence students' self-esteem and effective interventions in improving their self-esteem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wirda Hanim, M.Psi; 2). Dr. Susi Fitri, M.Si Kons
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Hanna Nur Syahidah .
Date Deposited: 14 Mar 2025 01:30
Last Modified: 14 Mar 2025 01:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55592

Actions (login required)

View Item View Item