FAHMI ADIANSYAH ABDULLAH, . (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN “BYOU DE KANJI ANKI” TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT KANJI TINGKAT DASAR (Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Caregiver Di PT. Jellyfish Education Indonesia). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas serta kelebihan dan kekurangan dari penerapan Byou de Kanji Anki terhadap kemampuan mengingat kanji dasar pada siswa kaigo di PT. Jellyfish Education Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul yaitu kesulitan dalam mengingat urutan penulisan kanji dan ketidakmampuan dalam menulis kanji. Untuk mengatasi permasalahan ini, diterapkan Byou de Kanji Anki yang digagaskan oleh Akira Shinomiya yaitu kombinasi dari teknik pembedahan dan asosiasi terhadap komponen kanji untuk membuat frasa berirama dengan aplikasi menulis. Teori ini didukung dengan teori komponen kanji dan kemampuan mengingat kanji oleh (Vorobeva dan Vorobev 2015; Tomoya 2020; Imai et al., 2020; Kano 2001). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas kaigo dengan sampel kelas CINTA yang berjumlah 13 pada pembelajaran kanji tingkat dasar JFT-Basic A2. Instrumen pada penelitian ini berupa Paper Based Test (pretest-posttest) dan angket. Untuk membuktikan hipotesis dilakukan analisis dengan uji t-tes berpasangan. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 2,17 dengan nilai thitung sebesar 12,56. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (thitung > ttabel) yang berarti penerapan Byou de Kanji Anki dinyatakan efektif terhadap kemampuan mengingat kanji tingkat dasar. Berdasarkan hasil angket dan uji persentase nilai pretest-posttest diketahui Byou de Kanji Anki efektif terhadap peningkatan kemampuan mengingat bentuk dan makna kanji, serta kelebihan dan kekurangan dari penerapan Byou de Kanji Anki. **** This study aims to determine the effectiveness, as well as the advantages and disadvantages, of applying Byou de Kanji Anki to the basic kanji memorization skills of Kaigo students at PT. Jellyfish Education Indonesia. This is motivated by issues such as difficulties in remembering the correct writing order of kanji and the inability to write kanji. To address these issues, Byou de Kanji Anki, proposed by Akira Shinomiya, was applied. It is a combination of the techniques of decomposition and association of kanji components to create rhythmic phrases with a writing application. This theory is supported by the theory of kanji components and kanji memorization ability by Vorobeva and Vorobev (2015), Tomoya (2020), Imai et al. (2020), and Kano (2001). The research method used is a Quasi-Experimental Design with a One Group Pretest-Posttest Design. The population of this study consists of Kaigo students, with a sample of 13 students from the CINTA class in basic kanji learning (JFT-Basic A2). The instruments used in this study include a Paper-Based Test (pretest-posttest) and a questionnaire. To test the hypothesis, paired t-test analysis was performed. Based on the data analysis, it was found that the table value (ttable) at a 5% significance level was 2.17, while the calculated t-value (thitung) was 12.56. Therefore, it can be concluded that (thitung > ttabel), meaning the application of Byou de Kanji Anki is effective in improving basic kanji memorization skills. Based on the results of the questionnaire and pretest-posttest percentage test, it is evident that Byou de Kanji Anki is effective in improving the ability to memorize kanji forms and meanings, as well as highlighting the advantages and disadvantages of applying Byou de Kanji Anki.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Frida Philiyanti, S.S., M.Pd. 2). Dr. Nia Setiawati, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | FAHMI ADIANSYAH ABDULLAH . |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 05:27 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 05:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |