ADINDA FATIMATUZZAHRA, . (2025) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) (Penelitian Tindakan Kelas di Perguruan Islam El I'tisham Bekasi Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (467kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang dilakukan guru pada siswa kelas V MI di Perguruan Islam El I’tisham Bekasi Barat, serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas V. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar bahasa Arab. Pada tes awal, rata-rata hasil belajar siswa adalah 66,96 dengan 10 siswa (43%) mencapai KKM (75). Pada siklus pertama, rata-rata meningkat menjadi 75,37 dengan 13 siswa (68%) mencapai KKM. Pada siklus kedua, rata-rata mencapai 88,91 dengan 18 siswa (82%) mencapai KKM. Peningkatan hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan kecerdasan buatan (AI) efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di madrasah tersebut. Kata Kunci: Pengajaran Bahasa Arab, Kecerdasan Buatan, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Pendidikan Dasar.***** This research aims to describe the implementation of Arabic language teaching using Artificial Intelligence (AI) carried out by teachers for fifth grade students at Perguruan Islam El I’tisham, West Bekasi, and to improve students' learning outcomes in the cognitive domain. This research is a Classroom Action Research (CAR) consisting of four stages: planning, action, observation, and reflection. The research subjects were 23 fifth-grade students. Data collection was conducted through tests, observations, and documentation, and analyzed qualitatively and quantitatively. The research results indicated an improvement in Arabic language learning outcomes. In the pre-test, the average student score was 66.96, with 10 students (43%) meeting the Minimum Competency Criteria (KKM) of 75. In the first cycle, the average increased to 75,37, with 13 students (68%) meeting the KKM. In the second cycle, the average reached 88.91, with 18 students (82%) meeting the KKM. This improvement in results shows that the use of artificial intelligence effectively enhances the quality of Arabic language teaching at the institute. Keywords: Arabic Language Teaching, Artificial Intelligence, Classroom Action Research, Learning Outcomes, Primary Education.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muhammad Kamal bin Abdul Hakim, M.A. ; 2). Dr. Samsi Setiadi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Adinda Fatimatuzzahra . |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 01:43 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 01:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |