SITI NUR HIDAYAH, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHARAH KITABAH MUQAYYADAH (PENELITIAN EKSPERIMEN DI KELAS X MAN 20 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap hasil belajar maharah kitabah muqayyadah siswa kelas X di MAN 20 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Quasi Experimental design berbentuk pre-test dan post-test with non-equivalent control group. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kelas eksperimen yaitu kelas X-3 sebanyak 36 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas X-2 sebanyak 35 siswa. Terdapat tiga tahapan dalam penelitian ini, yaitu: pertama, pre-test yang dilakukan di awal pertemuan menggunakan instrumen tes berjumlah 15 soal. Kedua, treatment dilakukan dengan penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran keterampilan menulis pada kelas eksperimen. Ketiga, post-test yang dilakukan setelah treatment pada kelas eksperimen, menggunakan instrumen tes yang sama seperti pre-test. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap maharah kitabah muqayyadah siswa kelas X MAN 20 Jakarta tahun pelajaran 2024/2025. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian menggunakan uji-t yaitu t hitung > t tabel yaitu 2,922 > 1,995. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu, dapat dilihat rata-rata hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan media gambar berseri sebesar 82,53 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 66. Sedangkan kelas kontrol yang tanpa menggunakan media gambar berseri nilai rata-rata hasil post-test adalah 76,71 dengan nilai terbesar 93 dan nilai terendah 59. Berdasarkan data yang telah dijabarkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar maharah kitabah muqayyadah dengan menggunakan media gambar berseri dibandingkan hasil belajar maharah kitabah muqayyadah tanpa menggunakan media gambar berseri. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Gambar Berseri, Keterampilan Kitabah, Kitabah Muqayyadah. This study aims to determine the effect of using serialized picture media on learning outcoumes of maharah kitabah muqayyadah of tenth grade students at Madrasah Aliyah Negeri 20 Jakarta. This research used experimental method with Quasi Experimental design in the form of pre-test and post-test with non-equivalent control group. This research was conducted using an experimental class, namely class ten-three, totaling 36 students and a control class, namely class ten-two, with a total of 35 students. There are three stages in this study, which are: first, a pre-test conducted at the beginning of the meeting using a test instrument containing 15 questions. Second, the class was treated by using serialized picture media for learning writing skills. Third, the post-test which was conducted after treatment in the experimental class, using the same test instrument as the pre-test. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an effect of using serialized pictures media on learning outcomes of maharah kitabah muqayyadah of tenth grade students of MAN 20 Jakarta in the 2024/2025 academic year. This is indicated by the results of testing using the t-test, meaning that t count> t table, namely 2.922> 1.995. The results showed that hypothesis 0 was rejected and alternt hypothesis was accepted. Furthermore, it can be seen that the average post-test results of the experimental class using serialized image media reached 82.53 with the highest score of 100 and the lowest score of 66. While the control class without using serialized picture media was 82.53 with the highest score of 100 and the lowest score of 66. Keywords: Learning Media, Serial Pictures, Kitabah Skills, Kitabah Muqayyadah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muhammad Kamal, M.A.; 2). Ahmad Marzuq, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Nur Hidayah . |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 04:41 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 04:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |