PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA ( PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMP MUHAMMADIYAH 31 JAKARTA )

HERLINA PUSPITA DEWI, . (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA ( PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMP MUHAMMADIYAH 31 JAKARTA ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Group Investigation terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas lX SMP Muhammadiyah 31 Jakarta. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis quasi eksperimental desain control group design only. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah 31 Jakarta, dengan sampel siswa kelas lX-2 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas lX-1 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan adalah penilaian akhir dengan memberikan tes lisan sesuai rubrik penilaian . Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji analisis data yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilieforse dengan nilai 0,200 untuk kelas control dan 0,200 untuk kelas eskperimen yang mana lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Uji homogenitas menggunakan uji F dengan nilai signifikansi 0,547 > 0,05. Selain itu juga dapat dilihat dari rata-rata hasil post-test dengan menggunakan metode pembelajaran Group Investigation sebesar 95,21 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Sedangkan dengan menggunakan metode ceramah nilai rata-rata hasil post-test adalah 89,13 dengan nilai terbesar 96 dan nilai terendah 56. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh t hitung 2,075 > t tabel 1,669. Sehingga diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t table, yang berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan metode Group Investigation terhadap hasil belajar keterampilan berbicara bahasa Arab siswa dan terdapat perbedaan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Group Investigation memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibanding siswa yang diajarkan dengan metode ceramah. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Group Investigation, Hasil Belajar Keterampilan Berbicara ***** This study aims to determine the influence of the Group Investigation learning method on students Arabic Speaking skills learning outcomes of nineth grade students of SMP Muhammadiyah 31 Jakarta. The learning method used in this research is the Group Investigation learning method. This research is an experimental research with a type of quasi-experimental design control group design only. The study population was all SMP Muhammadiyah 31 Jakarta students, with a sample of students of lX-2 with a total of 31 students as a control class and students of lX-1 with a total of 31 students as an experimental class. The sampling technique is carried out by using the Purposive Sampling. The instrument used is the final assessment by giving oral test according to the assessment rubric. The data analysis technique used is descriptive statistics and the hypothesis test used is a t test with a significance level of 0.05. Before the hypothesis test was carried out, a data analysis test was carried out, namely a normality test using the Lilieforse test with a value of 0.200 for the control class and 0.200 for the experimental class which is greater than the significance level of 0.05. The homogeneity test uses the F test with significance values of 0.547 > 0.05. In addition, it can also be seen from the average post-test results using the Group Investigation learning method of 95.21 with the highest score of 100 and the lowest score of 60. Meanwhile, using the lecture method, the average value of the post-test results was 89.13 with the largest score of 96 and the lowest score of 56. This is evidenced by the test results using the t test at the significance level of 0.05 obtained t count 2.075 > t table 1.669. So it is known that t test greater than t table, which means the research hypothesis is accepted. Thus there is an influence significance of the Group Investigation learning method on students Arabic Speaking skills learning outcomes and there are differences in Arabic Speaking skills of students taught by the Group Investigation learning method have an average score higher than students taught by the lecture learning method. Keywords: Learning Methods, Group Investigation, Speaking Skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Siti Jubaidah, M.A. 2). Dr. Puti Zulharby, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Herlina Puspita Dewi .
Date Deposited: 14 Mar 2025 05:49
Last Modified: 14 Mar 2025 05:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55626

Actions (login required)

View Item View Item