HELNI, . (2025) PENGARUH MEDIA GOOGLE BLOGGER TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS XI SMK DIPONEGORO 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Helni. 2024. Pengaruh Media Google Blogger Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Puisi Siswa Kelas XI SMK Diponegoro 1 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penggunaan media Google Blogger terhadap pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas XI SMK Diponegoro 1 Jakarta. Penelitian ini menggunakan medote kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI DKV SMK Diponegoro 1 Jakarta. Dalam desain in iterdapat dua kelas yang dijadikan sampel, yaitu kelas XI DKV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI DKV 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mendata jumlah populasi, menentukan kelas eksperimen, menyusun instrumen dan rubrik penilaian menulis teks puisi, melakukan validasi instrumen, melakukan pre-test pada kelas eksperimen, memberi perlakuan dengan dengan media Google Blogger, kemudian melakukan post-test. Berdasarkan hasil penghitungan uji normalitas Kolmogorov Smirnov, diperoleh nilai signifikansi (Sig.) dari hasil pretest sebesar 0,182 dan posttest sebesar 0,200. Karena nilai signifikansi > 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji homogenitas Based on Mean menunjukkan nilai Sig 0,958 yang berarti nilai lebih besar dari 0,05. Hasil perhitungan uji hipotesis berdasarkan tabel di atas, menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,005. Apabila dilihat berdasarkan tabel t, maka diddapatkan thitung sebesar 4.109 dengan df sebesar 54. Pada tabel yang sesuai dengan nilai tersebut adalah 2001. Maka dari itu dapat dilihat bahwa thitung lebih besar dari ttabel (4.109 > 2.001). Dengan demikian, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media Google Blogger terhadap pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas XI SMK Diponegoro 1 Jakarta. Kata Kunci: media pembelajaran, google blogger, menulis, puisi ABSTRACT Helni. 2024. The Impact of Google Blogger Media on Learning to Write Poetry Texts for Class XI Students at Diponegoro 1 Vocational School, Jakarta. Thesis. Jakarta: Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Languages and Arts, Jakarta State University. This research aims to determine whether or not there is an influence from the use of Google Blogger media on learning to write poetry texts in class XI students at SMK Diponegoro 1 Jakarta. This research uses a quantitative method. The research method used in this research is an experimental method with design Pretest-Posttest Control Group Design. The data source for this research is class XI DKV students at SMK Diponegoro 1 Jakarta. In this design, there are two classes used as samples, namely class XI DKV 1 as the experimental class and class XI DKV 2 as the control class. Data collection techniques were carried out by recording population numbers, determining experimental classes, compiling instruments and assessment rubrics for writing poetry texts, validating instruments, conducting pre-test in the experimental class, giving treatment with the media Google Blogger, then do post-test. Based on the calculation results of the Kolmogorov Smirnov normality test, a significance value (Sig.) was obtained from the results pretest of 0.182 and posttest of 0.200. Because the significance value is > 0.05, H0 is rejected and Ha is accepted. Based on the results of the homogeneity test Based on Mean shows a Sig value of 0.958 which means a value greater than 0.05. The results of the hypothesis test calculation based on the table above show that the significance value (2-tailed) is 0.000 < 0.005. If we look at the t table, we get a tcount of 4.109 with a df of 54. In the table the corresponding value is 2001. Therefore it can be seen that tcount is greater than ttable (4.109 > 2.001). Thus, there is a significant influence on media use Google Blogger towards learning to write poetry texts in class XI students at SMK Diponegoro 1 Jakarta. Keywords: learning media, Google Blogger, writing, poetry
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nurita Bayu Kusumayati. M.Pd. 2). Reni Oktaviani, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Helni . |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 03:15 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 03:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |