AHMAD FAJAR INZAKI, . (2025) BUKU INTERAKTIF: BIOTA LAUT DILINDUNGI PENUH DI INDONESIA UNTUK USIA 12 – 15 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
cover.pdf Download (778kB) |
![]() |
Text
Bab l.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
Bab ll.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Abstraksi Ahmad Fajar Inzaki, 2025. “Buku Interaktif Biota Laut Dilindungi Penuh di Indonesia untuk Usia 12-15 Tahun. Skripsi Penciptaan Karya Seni Rupa, Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penciptaan karya ini dilatar belakangi oleh rendahnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, khususnya biota laut yang dilindungi di Indonesia. Selain itu, masih banyak masyarakat yang kurang mengetahui informasi tentang Penyu Hijau (Chelonia mydas), Pari Manta (Mobula birostris), dan Hiu Paus (Rhincodon typus), yang memiliki peran penting dalam ekosistem laut serta hubungan dekat dengan kehidupan manusia. Tujuan dari skripsi penciptaan ini adalah menghasilkan karya edukatif dalam bentuk tiga buku interaktif yang dirancang untuk remaja usia 12–15 tahun. Buku-buku ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang biota laut yang dilindungi dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya konservasi lingkungan melalui pendekatan visual dan interaksi yang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Design Thinking, yang meliputi tahapan emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Proses ini juga mencakup kegiatan magang dengan narasumber ahli, eksplorasi, validasi karya, hingga pengumpulan pendapat dari pengguna. Dalam prosesnya, dilakukan penelitian literatur tentang biota laut, pengumpulan data visual, pembuatan sketsa, dan pengembangan narasi interaktif yang diimplementasikan dalam bentuk prototipe buku. Hasil dari skripsi ini adalah tiga buku interaktif yang menggabungkan ilustrasi menarik, fakta edukatif, dan aktivitas yang melibatkan pembaca. Buku ini dirancang untuk meningkatkan daya tarik sekaligus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Melalui pengenalan interaktif, buku ini diharapkan menjadi media edukasi yang inovatif sekaligus inisiatif awal untuk mendorong kepedulian terhadap biota laut Indonesia. Implikasi dari pembuatan karya ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat, khususnya remaja, tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Dengan memahami nilai penting biota laut seperti Penyu Hijau, Pari Manta, Dan Hiu Paus, diharapkan generasi muda dapat menjadi pelopor dalam menjaga ekosistem laut yang berkelanjutan. Kata Kunci: Buku interaktif, biota laut, spesies dilindungi, pendidikan konservasi, usia 12–15 tahun. ******** The creation of this work is motivated by the low public awareness of the importance of preserving the environment, particularly the protected marine biota in Indonesia. Additionally, many people lack information about Green Sea Turtles (Chelonia mydas), Manta Rays (Mobula birostris), and Whale Sharks (Rhincodon typus), which play crucial roles in marine ecosystems and have close connections to human life. The aim of this creative thesis is to produce educational works in the form of three interactive books designed for adolescents aged 12–15 years. These books are expected to enhance knowledge about protected marine biota and foster awareness of the importance of environmental conservation through engaging visuals and interactive approaches.The research method used is the Design Thinking method, which includes the stages of empathize, define, ideate, prototype, and test. This process also involves internships with expert sources, exploration, validation of the work, and collecting feedback from users. The process includes literature research on marine biota, visual data collection, sketch creation, and the development of interactive narratives implemented into book prototypes.The result of this thesis is three interactive books that combine engaging illustrations, educational facts, and activities that involve readers. These books are designed to enhance appeal while providing an enjoyable learning experience. Through interactive introductions, these books are expected to serve as innovative educational media and an initial step toward encouraging concern for Indonesia’s marine biota. The implication of this work is increased public awareness, particularly among adolescents, of the importance of preserving nature. By understanding the significance of marine biota such as Green Sea Turtles, Manta Rays, and Whale Sharks, it is hoped that the younger generation can become pioneers in maintaining a sustainable marine ecosystem. Keyword: Interactive book, marine biota, protected species, conservation education, ages 12–15.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Rizki Taufik Rakhman, S.Sn.,M.Si. ; 2). Agam Akbar Pahala, S.Pd.,M.Sn. |
Subjects: | Kesenian > Seni Rupa, Fotografi |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Ahmad Fajar Inzaki . |
Date Deposited: | 08 Apr 2025 01:59 |
Last Modified: | 08 Apr 2025 01:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55649 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |