MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CRYSTAL SAND TABLE PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS 2 DI SKH KORPRI PANDEGLANG

NABILAH DEWI SEKARTAJI ISWORO, . (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CRYSTAL SAND TABLE PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS 2 DI SKH KORPRI PANDEGLANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CRYSTAL SAND TABLE PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS 2 DI SKH KORPRI (Penelitian Tindakan Kelas di SKh Korpri Pandeglang Banten) (2020) Nabilah Dewi Sekartaji Isworo ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui penggunaan media crystal sand table pada siswa tunagrahita kelas 2 di SKh Korpri Pandeglang. Penelitian ini dibatasi pada kemampuan menulis permulaan dalam membuat garis vertikal, horizontal, garis lengkung dan garis zigzag. Subyek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas 2 di SKh Korpri Pandeglang yang berjumlah tiga orang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil tes tertulis dan hasil pengamatan. Hasil penelitian yang diperoleh pada tes kemampuan awal, siklus I, dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus I peningkatan yang terjadi belum sesuai dengan yang diharapkan. Pada siklus II terdapat peningkatan dan semua siswa mencapai hasil yang diharapkan. Oleh karena itu, diharapkan guru dapat menggunakan media crystal sand table dalam mengajarkan menulis permulaan untuk siswa tunagrahita kelas II di SKh Korpri Pandeglang Banten karena media crystal sand table dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa. Kata kunci: Media crystal sand table, menulis permulaan, tunagrahita. IMPROVING HANDWRITING SKILL USING CRYSTAL SAND TABLE FOR STUDENT WITH INTELLECTUAL DISABILITY GRADE 2 AT SKH KORPRI PANDEGLANG (classroom action research at SKh KORPRI Pandeglang Banten) (2020) Nabilah Dewi Sekartaji Isworo ABSTRACT This research aims to improve handwriting skill using crystal sand table for student with intellectual disability grade 2 at SKh KORPRI Pandeglang. The limit of this research is on the ability to make vertical line, horizontal line, curve line and zigzag line. The subject of this research are students with intellectual disability grade 2 at SKh KORPRI Pandeglang which total of 4 people. This research used classroom action research by Kemmis and McTaggart. The research conducted in 2 cycles, every cycles consist of plan, act, observe, and reflect. The data of the research obtained from written test and observation. The research’s result from cycle 1 and 2 showed an improvement. In cycle 1 the improvement does not reach the expected result. In cycle 2 the result show an improvement, all students reach the expected result. Therefore, the teachers are expected to use crystal sand table as media for teaching handwriting skills, because this media can improve student’s handwriting skill. Keywords: crystal sand table, handwriting skill, intellectual disability.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Murni Winarsih, M.Pd. 2.) Drs. Ibrahim Abidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 544 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 14:56
Last Modified: 11 Mar 2020 14:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5567

Actions (login required)

View Item View Item