HAULA MILLATI AZKA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
3. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB IV HASIL & PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB V KESIMPULAN.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text
8. LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan lingkungan hingga kini masih terus berlanjut. Oleh karena itu perlunya kesadaran dan rasa kepemilikan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Anak usia dini barada pada fase terbaik dalam pemberian stimulasi. Salah satu upaya untuk pencegahan kerusakan lingkungan yaitu pengenalan sejak dini mengenai isu dan nilai-nilai kepedulian lingkungan, sikap serta keterampilan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Pemahaman ini dapat diterapkan pada pendidikan anak usia dini melalui literasi lingkungan yang membahas mengenai kemampuan kognitif dan afektif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan literasi lingkungan pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian yang dilakukan melalui model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah anak umur 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data melalui angket validasi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t sampel berpasangan. Data diolah menggunakan IBM SPSS statistik versi 30. Hasil penelitian menunjukkan sig (2-tailed) diperoleh 0,001 < 0,05 data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan literasi lingkungan anak setelah sebelum dan sesudah menggunakan media. Maka media Petualangan Ciling efektif digunakan untuk meningkatkan literasi lingkungan anak usia 5-tahun. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Augmented Reality, Literasi Lingkungan, Media Pembelajaran ***** Environmental issues continue to persist. Therefore, awareness and a sense of ownership are essential to maintaining environmental sustainability. Early childhood is the optimal phase for providing stimulation. One preventive effort to mitigate environmental damage is the early introduction of environmental issues, values of environmental awareness, attitudes, and skills in preserving the environment. This understanding can be applied in early childhood education through environmental literacy, which encompasses cognitive and affective abilities in maintaining environmental sustainability.This research and development study aims to develop an augmented reality-based learning media to enhance environmental literacy in children aged 5-6 years. The research method follows a Research and Development (R&D) approach, employing the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The research subjects are children aged 5-6 years. Data collection techniques include validation questionnaires, observations, interviews, and documentation. The data analysis technique used is a paired sample t-test, and data processing is conducted using IBM SPSS Statistics version 30.The results of the study show that the sig (2-tailed) value obtained is 0.001 < 0.05, indicating a significant difference in children's environmental literacy before and after using the media. Thus, the Petualangan Ciling media is effective in improving the environmental literacy of children aged 5-6 years Keyword : Early Childhood, Augmented Reality, Environmental Literacy, Learning Media
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sri Wulan, M.Si. ; 2). Prof.Dr. Tjipto Sumadi, M.Si.,M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Haula Millati Azka . |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 02:31 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 02:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |