ISNAINI INTAN PERMADANI, . (2025) PENGARUH KUALITAS PRODUK UMKM, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SOCIAL COMMERCE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER_Isnaini Intan Permadani_1701620027.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I_Isnaini Intan Permadani_1701620027.pdf Download (867kB) |
![]() |
Text
BAB II_Isnaini Intan Permadani_1701620027.pdf Restricted to Registered users only Download (981kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III_Isnaini Intan Permadani_1701620027.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV_Isnaini Intan Permadani_1701620027.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V_Isnaini Intan Permadani_1701620027.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_Isnaini Intan Permadani_1701620027.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_Isnaini Intan Permadani_1701620027.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk UMKM, harga, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi social commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Sumber data berasal dari data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pengguna aplikasi TikTok Shop dari kalangan Generasi Z yang berdomisili di Daerah Khusus Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden, sampel ini didapat dari perhitungan rumus Lemeshow untuk menentukan ukuran sampel pada populasi yang bersifat tidak tetap dan jumlahnya tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda dengan alat bantu software SPSS versi 25. Proses analisis data mencakup beberapa tahap, yaitu analisis statistik deskriptif, uji instrumen, uji prasyarat analisis, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa kualitas produk UMKM, harga, dan kualitas layanan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi social commerce. Selain itu, hasil analisis penelitian menyatakan bahwa kualitas produk UMKM, harga, dan kualitas layanan memberikan pengaruh sebesar 73% terhadap keputusan pembelian, sementara 27% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Produk UMKM, Harga, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian, Social Commerce, TikTok Shop. ***** This study aims to determine and analyze the influence of MSME product quality, price, and service quality on purchasing decisions on social commerce applications. This research uses quantitative approach with survey techniques. The data source comes from primary data obtained from the results of distributing questionnaires. The study population comprised Gen Z TikTok Shop users domiciled in the Jakarta Special Region. The sample size of 100 respondents was determined using the Lemeshow formula for calculating sample size in populations where the total number is unkown and not fixed. The sampling technique used was purposive sampling. The data were then analyzed using data analysis techniques in the form of multiple linear regression with the help of SPSS software version 25. The data analysis included several stages. First, descriptive statictical analysis. Next, instrument test, analysis prerequisite test, classical assumption test, multiple linear regression test, and hypothesis tests. This study found that MSME product quality, price, and service quality partially and simultaneously have a positive and significant effect on purchasing decisions on social commerce applications. Other than that, the result of this research analysis that MSME product quality, price, and service quality have an influence 73% on purchasing decisions. While the other 27% are influenced by other factor not examined in this research. Keywords: MSME Product Quality, Price, Service Quality, Purchasing Decisions, Social Commerce, TikTok Shop.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Saparuddin Mukhtar, S.E.,M.Si ; 2). Dr. Karuniana Dianta Arfiando Sebayang, S.IP.,M.E. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah Ekonomi, Kondisi Ekonomi Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Isnaini Intan Permadani . |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 06:54 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 06:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |