FUNGSI LIRIK DAN IRAMA LAGU PADA IRINGAN TARI DALAM MELATIH DAYA INGAT MENARI SISWA TUNAGRAHITA DI SLB B-C CEMPAKA PUTIH JAKARTA PUSAT

BELINDA MAWADDAH, . (2025) FUNGSI LIRIK DAN IRAMA LAGU PADA IRINGAN TARI DALAM MELATIH DAYA INGAT MENARI SISWA TUNAGRAHITA DI SLB B-C CEMPAKA PUTIH JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (688kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Belinda Mawaddah. "Fungsi Lirik dan Irama Lagu pada Iringan Tari dalam Melatih Daya Ingat Menari Siswa Tunagrahita di SLB B-C Cempaka Putih Jakarta Pusat." Skripsi. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi lirik dan irama lagu dalam iringan tari dalam melatih daya ingat menari siswa tunagrahita di SLB B-C Cempaka Putih. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi selama praktik menari yang dilaksanakan dalam dua belas kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal, persentase daya ingat siswa dalam menari berada pada angka 49,6%. Setelah dilakukan serangkaian pembelajaran menggunakan lirik dan irama lagu, terjadi perkembangan signifikan pada pertemuan terakhir, dengan rata-rata persentase daya ingat siswa mencapai 100%. Data tersebut mengungkapkan bahwa siswa menunjukkan perkembangan kemampuan dalam mengingat urutan gerakan tari setelah beberapa kali pengulangan. Siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam mengingat gerakan kini mampu mengikuti lirik dan irama dengan lebih baik. Penggunaan lirik dan irama secara bersamaan terbukti lebih efektif dibandingkan hanya menggunakan salah satu metode. Kombinasi ini membantu siswa mengintegrasikan informasi verbal (lirik) dengan informasi temporal (irama) secara lebih kuat. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi bagi guru untuk mengadopsi integrasi lirik dan irama lagu sebagai strategi pembelajaran seni tari dalam upaya melatih daya ingat siswa, terutama pada siswa dengan kebutuhan khusus seperti tunagrahita. Kata kunci: Daya Ingat, Tunagrahita, Lirik dan Irama, Iringan Tari *********** This study aims to describe the function of song lyrics and rhythm in dance accompaniment to improve the dance memory of students with intellectual disabilities at SLB B-C Cempaka Putih. This research employs a descriptive qualitative method. Data were collected through interviews, observations, and documentation during dance practice conducted over twelve sessions. The results show that during the initial observation, the percentage of students' dance memory was 49.6%. After a series of lessons incorporating song lyrics and rhythm, a significant improvement was observed by the final session, with the students' average memory percentage reaching 100%. The data reveal that students demonstrated increased ability to remember dance movements after several repetitions using lyrics and rhythm. Students who previously struggled to remember movements could follow the rhythm and lyrics more effectively. The simultaneous use of song lyrics and rhythm proved to be more effective than using either method alone. This combination helped students integrate verbal information (lyrics) with temporal information (rhythm) more effectively. The findings of this study contribute to the adoption of song lyrics and rhythm integration as a teaching strategy in dance education, particularly for enhancing the memory of students with special needs, such as those with intellectual disabilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ojang Cahyadi, S.Sn.,M.Pd. ; 2). Dra. Kartika Mutiara Sari, M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Belinda Mawaddah .
Date Deposited: 25 Mar 2025 07:45
Last Modified: 25 Mar 2025 07:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55844

Actions (login required)

View Item View Item