PENGARUH DIKLAT PAUD TERHADAP KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN (PENELITIAN EXPOST FACTO DI KECAMATAN PULO GADUNG, JAKARTA TIMUR)

NISA PUSPITA SARI, . (2025) PENGARUH DIKLAT PAUD TERHADAP KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN (PENELITIAN EXPOST FACTO DI KECAMATAN PULO GADUNG, JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Seorang guru yang berperan sebagai manajer kelas, mempunyai peran penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran dalam kelas. Guru yang profesional mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung aspek perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris serta memberikan deskripsi mengenai pengaruh diklat PAUD terhadap kemampuan guru mengelola kelas untuk anak usia 4-6 tahun di Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Sampel yang digunakan pada penelitian sebanyak 78 guru PAUD di lembaga non formal yang pernah mengikuti diklat berjenjang PAUD. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode expost facto. Data dikumpulkan melalui kuesioner terkait keikutsertaan guru pada diklat PAUD dan kemampuan guru mengelola kelas dalam tiga aspek, yaitu pengelolaan waktu, pengelolaan kelompok dan individu, serta pengelolaan lingkungan. Pengujian hipotesis menggunakan uji one way anava dengan nilai sig. 0.008 < 0.05, maka Ha diterima. Melalui uji-t, diperoleh nilai thitung > ttabel, sehingga Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan diklat PAUD terhadap kemampuan guru mengelola kelas. Maka, diketahui bahwa semakin tinggi jenjang diklat yang diikuti oleh guru PAUD, maka semakin baik pula kemampuan guru dalam mengelola kelas. ***** A teacher who acts as a classroom manager has an important role in determining the success of learning in the classroom. Professional teachers are able to create a learning environment that supports aspects of child development. This research aims to obtain empirical data and provide a description of the influence of early childhood education training on teacher’s ability in managing the class of children aged 4-6 years in Pulo Gadung District, East Jakarta. The sample used in this research was 78 teachers a non-formal PAUD who had attended PAUD training. The sampling technique in this research used the purposive sampling technique. The type of research is kuantitatif research and used the expost facto research method. Data were collected through questionnaires related to teacher participation in PAUD training and teacher ability to manage classes in three aspects, namely the management of time, managing groups and individuals, and the management of space. The result of hypothesis testing using one way anava is 0.008 < 0.05 and the results obtained are a calculated tcount > ttable, show that Ha is accepted. The research results show that there is a significant effect of PAUD training on the teacher’s ability in managing the class of children aged 4-6 years. Thus, it is known that the higher the level of training attended by PAUD teachers, the better the teacher's ability to manage the class.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sri Wulan, M.Si. ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nisa Puspita Sari .
Date Deposited: 09 Apr 2025 06:11
Last Modified: 09 Apr 2025 06:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55872

Actions (login required)

View Item View Item