PENGEMBANGAN MEDIA PENJUMLAHAN BERSUSUN UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK CEREBRAL PALSY (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DI SLBD-D1 YPAC JAKARTA)

DEWI FIRMALA SARI, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PENJUMLAHAN BERSUSUN UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK CEREBRAL PALSY (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DI SLBD-D1 YPAC JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-NIM.pdf

Download (273kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk untuk mengetahui kesesuaian penggunaan Media Penjumlahan Bersusun untuk mengoperasikan penjumlahan bersusun dalam pembelajaran matematika bagi peserta didik Cerebral Palsy. Pengembangan media menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang disesuaikan kebutuhan penelitian, terdiri dari tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap validasi serta uji coba. Media divalidasi sebanyak 2 kali oleh 3 ahli dengan persentase rata-rata penilaian validasi media tahap 1 dan 2 yaitu ahli media 88,1% kategori sangat baik, ahli materi 84,9% kategori baik dan ahli Cerebal Palsy 73,4% kategori baik. Media diuji cobakan ke 2 peserta didik Cerebral Palsy di kelas DI-V SLBD-D1 YPAC Jakarta. Hasil yang diperoleh berdasarkan tujuan penelitian dan pengembangan, yaitu peserta didik FD dapat menggunakan Media Penjumlahan Bersusun dengan sedikit bantuan guru, dan peserta didik KS dapat menggunakan Media Penjumlahan Bersusun dengan bantuan guru. Hasil yang diperoleh berdasarkan tujuan penggunaan media yaitu penggunaan media ini dapat meminimalisir kekeliruan-kekeliruan dalam mengoperasikan penjumlahan bersusun dengan penyimpanan. Implikasi dari penelitian dan pengembangan ini yaitu Media Penjumlahan Bersusun dapat menjadi salah satu media pembelajaran matematika untuk mengoperasikan penjumlahan bersusun, akan tetapi penggunaan media ini masih memerlukan penyesuaian bagi peserta didik Cerebral Palsy. This research and development aims to find out the appropirateness of the use of Addition of Whole Number Media to operate the summation of compiled in mathematics learning for Cerebral Palsy students. The development based on the Borg and Gall model adjusted to the research needs, consist of the stage of data collection, the planning stage, the product development stage, and the validation and trial stages. The media was validated 2 times by 3 experts with average percentage of ratings based on validation phase 1 and 2, consist of 88.1% of media experts were very good category, 84,9% of material experts were good category and 73,4% of Cerebal Palsy experts were good categories. This media was tested on 2 Cerebral Palsy students in SLBD-D1 YPAC Jakarta class. The results obtained are based on research and development goals are FD can use the Addition of Whole Number Media with a little help from the teacher, and the KS students can use the Addition of Whole Number Media with the help of the teacher. The results obtained are based on the purpose of using the Addition of Whole Number Media, which is this media can minimize errors in operating the compilation adding with storage. The implication of this research and development is that the Addition of Whole Number Media can be one of the mathematics learning media to operate the summed array, but the use of this media still requires adjustments for Cerebral Palsy students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Wuryani,M.Pd. ; 2). Dr.Ishak G Bachtiar,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 522 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2020 12:42
Last Modified: 20 Mar 2020 12:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5589

Actions (login required)

View Item View Item