MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN MELALUI KEGIATAN KETERAMPILAN MEMBUAT DUMMY CAKE ATAU KUE TIRUAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS V SD DI SLB C DIAN KAHURIPAN)

NURUL HUSNA, . (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN MELALUI KEGIATAN KETERAMPILAN MEMBUAT DUMMY CAKE ATAU KUE TIRUAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS V SD DI SLB C DIAN KAHURIPAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus peserta didik hambatan intelektual ringan melalui kegiatan keterampilan membuat dummy cake di kelas V SLB C Dian Kahuripan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik hambatan intelektual ringan sebanyak tiga orang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Taggart yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklusnya melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi sebagai dasar untuk membuat perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil analisis data pada pra siklus, didapatkan nilai dengan rentang 37 – 54 sehingga belum mencapai target minimal 70. Setelah diberi tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 50 - 62,5 namun belum memenuhi target yang ingin dicapai, maka penelitian dilanjutkan pada siklus II. Setelah diberi tindakan pada siklus II kemampuan motorik halus peserta didik meningkat menjadi 79 – 83 dan melampaui target pencapaian. Maka dapat dinyatakan bahwa melalui kegiatan keterampilan membuat dummy cake atau kue tiruan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus peserta didik hambatan intelektual ringan kelas V SD di SLB C Dian Kahuripan yang diperoleh dari data hasil analisis pada pelaksanaan kegiatan keterampilan dan perolehan nilai pada evaluasi. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk kegiatan ekstrakurikuler atau program khusus untuk peserta didik dengan hambatan intelektual ringan oleh pendidik. The objective of this research is to improve the fine motor skills of students with mild intellectual disability through the activity of making dummy cakes in grade 5 of SLB C Dian Kahuripan. The subjects of this research were 3 students with mild intellectual disability. The method used was classroom action research with Kemmis and Taggart designs conducted with two cycles. Each cycle went through the stages of planning, implementation, and reflection as a basis for making re-planning in the next cycle. Based on the results of data analysis, the pre cycle obtained range 37-54 and has not yet reached target of 70. After being given the first cycle of action, the average score increased to 50-62 but did not meet the target, so the research continued in the second cycle. After being given an action in the second cycle, the fine motor skills of students in increased to 79-83 and exceed the target achievement. Thus, it can be concluded that the activity of making dummy cakes or imitation cakes can improve the fine motor skills on grade 5 students with mild intellectual disability at SLB C Dian Kahuripan obtained from data analysis evaluation. Implication of this research are expected to be a reference for extracurricular activities or special program for students with mild intellectual disability by educators.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Ibrahim Abidin, M.Pd. ; 2). Riana Bagaskorowati, M.Psi, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Kerajinan Tangan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 484 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2020 13:51
Last Modified: 20 Mar 2020 13:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5595

Actions (login required)

View Item View Item