SYIFA ANIS WAHDIANI, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN PAPAN MISI DALAM MENSTIMULASI KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 7-8 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (833kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (436kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) |
|
Text
BAB 4-dikompresi.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN-dikompresi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kecerdasan visual spasial merupakan kemampuan anak melakukan transformasi secara mental dan mampu merealisasikannya secara konkret. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan visual spasial yaitu adanya model untuk memberikan rangsangan. Pengembangan karya inovatif ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan board game dalam menstimulasi kecerdasan visual spasial anak usia 7-8 tahun. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Penelitian ini dilakukan di SDN Karadenan 01, Kabupaten Bogor. Subjek penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media sebagai validator dan 6 orang anak usia 7-8 tahun. Objek penelitian ini adalah media permainan papan misi. Berdasarkan evaluasi expert review oleh ahli materi, media permainan papan misi mendapatkan hasil nilai rata-rata sebesar 3,7 dengan kriteria sangat layak. Pada evaluasi expert review oleh ahli media didapatkan hasil nilai rata-rata sebesar 3,6 yang menunjukkan bahwa media sangat layak untuk digunakan. Pada one to one evaluation, media papan misi mendapatkan hasil nilai rata-rata sebesar 3,2 dengan kriteria sangat layak. Dari keseluruhan data evaluasi dapat dikatakan bahwa media papan misi layak dan dapat digunakan untuk menstimulasi kecerdasan visual spasial anak usia 7-8 tahun, yaitu mengenai pemahaman terhadap unsur geometri, arah dan kemampuan dalam melakukan transformasi bentuk. Implikasi dari hasil pengembangan karya inovatif ini yaitu media permainan papan misi dapat digunakan sebagai alternatif dalam menstimulasi kecerdasan visual spasial anak usia 7-8 tahun, sebagai sarana media pembelajaran bagi guru dan sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). AZIZAH MUIS, S.Pd., M.Pd. 2). Dra. YENINA AKMAL, M.Hum. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 967 not found. |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 12:55 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 12:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5608 |
Actions (login required)
View Item |