KARAKTERISTIK KOMPOSIT SERBUK KAYU, SERABUT KELAPA DAN CANGKANG KERANG PADA REM TROMOL SEPEDA MOTOR LISTRIK (KUAT LENTUR, PENGURANGAN MASSA DAN WAKTU PENGEREMAN)

MUHAMAD ABI YOGA, . (2020) KARAKTERISTIK KOMPOSIT SERBUK KAYU, SERABUT KELAPA DAN CANGKANG KERANG PADA REM TROMOL SEPEDA MOTOR LISTRIK (KUAT LENTUR, PENGURANGAN MASSA DAN WAKTU PENGEREMAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan limbah sisa hasil produksi serbuk kayu, serabut kelapa dan cangkang kerang. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan variasi komposisi terbaik pada kampas rem sepeda motor listrik dari bahan serbuk kayu, serabut kelapa dan cangkang kerang terhadap uji bending, pengurangan massa dan waktu pengereman. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara memvariasikan 3 komposisi spesimen uji kampas rem yaitu SK20SKL20CK0R60, SK20SKL20CK10R50 dan SK20SKL20CK20R40 kemudian dilakukan pengujian bending, pengurangan massa dan waktu pengereman. Berdasarkan hasil pengujian bending, spesimen SK20SKL20CK0R60 memiliki nilai rata-rata terkuat sebesar 186,33 N. Kemudian untuk pengurangan massa dan waktu pengereman dalam penelitian ini, pengujian dilakukan dengan membuat 3 lap (lintasan) dan melakukan 9 kali pengujian (pengereman) pada setiap lap. Berdasarkan uji coba pengurangan massa dan waktu pengereman, spsesimen SK20SKL20CK0R60 memiliki indikasi yang paling mendekati kampas rem standar sebesar 0,0066 gram. The background of this study was taken to utilize the residual waste produced by wood powder, coconut fiber and green shells. The purpose of this study is to find the best composite variation on electric motorbike brake pads made from wood powder, coconut fiber and green shells powder on bending test, the mass reduction test and braking time. The Experimentation Method used in this reserach was carried out by varying the compositon of the 3 brake pads test specimens namely SK20SKL20CK0R60, SK20SKL20CK10R50 and SK20SKL20CK20R40 then performed bending test, the mass reduction and braking time. Based on the bending test results obtained, the SK20SKL20CK0R60 test specimen has the strongest rate amounted to 186,33 N. then for the mass reduction and braking time value in this study, the test was carried out by taking the test from 3 test laps (track) and carried out 9 times the test (braking) on each lap. Based on the mass reduction test and braking time, the SK20SKL20CK0R60 specimen has the closest indication to standard brake lining value of 0.0066 grams.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ahmad Kholil, ST.,MT. 2). I Wayan Sugita, ST.,MT.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Pertambangan, Metalurgi
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2032 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2020 11:53
Last Modified: 16 Mar 2020 11:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5611

Actions (login required)

View Item View Item