PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK AJAIB TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN UNTUK ANAK DENGAN AUTISME

WARDATUL JANNAH, . (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK AJAIB TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN UNTUK ANAK DENGAN AUTISME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kotak ajaib terhadap peningkatan hasil belajar matematika operasi hitung penjumlahan. Subyek dari penelitian ini adalah anak dengan autisme di SLB C Dian Kusuma Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes tulis matematika operasi hitung penjumlahan untuk mengetahui kemampuan anak dengan autisme baik sebelum diberikan intervensi, saat diberi intervensi, dan sesudah diberi intervensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran kotak ajaib dapat meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung penjumlahan untuk anak dengan autisme. Hal tersebut dilihat dari perolehan skor yang didapat oleh anak pada baseline A1 yaitu 17 dari skor maksimal 50. Sedangkan pada tahap baseline A2 yaitu 33 dari skor maksimal 50. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media pembelajaran kotak ajaib memiliki pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung penjumlahan untuk anak dengan autisme. The purpose of this study was to see how the use of magic box might affect the increase in mathematical results of mathematical operation summation. The subject of this research is autistic at SLB C Dian Kusuma Jakarta. The methods used in this study is SSR with A-B-A design. Data collection carried out by giving mathematical test scores of adding Numbers (summation) to see the capability of autistic subject before intervention, during intervention and after intervention. The analysis of the data used in this study is in-condition analysis. Research results show that the use of magic box learning media could enchance the results of studying mathematical operation summation for autistic. This shown by the score from the baseline stage A1, 17 to the maximum 50. Whereas at the baseline stage A2 is 33 out of a 50-maximum score. Therefore it can be said that the used of magic box learning media has the impact for learning outcome of mathematical operation summation numbers for children with autism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd ; 2). Dr. Hartini Nara, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 529 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2020 16:24
Last Modified: 13 Mar 2020 15:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5617

Actions (login required)

View Item View Item