PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA SMKN 40 JAKARTA

PRAMADI, . (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA SMKN 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (982kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Metodologi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Hasil Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa SMKN 40 Jakarta Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran tutor sebaya serta hasilnya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMKN 40 Jakarta. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang disebabkan oleh kurangnya bimbingan dari keluarga, minimnya motivasi siswa, serta keterbatasan waktu guru dalam memberikan pembelajaran secara individual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X dari berbagai jurusan dengan jumlah 30 peserta didik di SMKN 40 Jakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model pembelajaran tutor sebaya diterapkan dalam tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Siswa yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an lebih baik ditunjuk sebagai tutor untuk membimbing teman sebayanya yang masih mengalami kesulitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan tutor sebaya, vebagian besar siswa masih kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, dengan tingkat pemahaman yang bervariasi dari yang masih mempelajari dasar-dasar pengenalan huruf hingga yang sudah mulai memahami hukum tajwid. Setelah penerapan tutor sebaya, terdapat peningkatan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an, terutama dalam aspek makharijul huruf, panjang pendek bacaan, serta penerapan hukum tajwid. Siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam membaca menunjukkan kemajuan dalam kefasihan, ketepatan pengucapan huruf, dan pemahaman kaidah tajwid, meskipun masih ada beberapa siswa yang membutuhkan pembinaan lebih lanjut. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran tutor sebaya terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMKN 40 Jakarta. Diharapkan metode ini dapat diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran Al- Qur’an di lingkungan sekolah guna mendukung peningkatan literasi Al-Qur’an di kalangan siswa. Kata Kunci: Tutor Sebaya, Pembelajaran Al-Qur’an, Kemampuan Membaca, SMKN 40 Jakarta *********** The Implementation of Peer Tutoring Learning Model to Improve Students’ Ability in Reading the Qur’an at SMKN 40 Jakarta This study aims to examine the implementation process of the peer tutoring learning model and its results in improving students’ ability to read the Qur’an at SMKN 40 Jakarta. The background of this research is the low ability of students in reading the Qur’an, which is caused by a lack of guidance from their families, low student motivation, and the limited time teachers have to provide individual instruction. This research employs a qualitative approach with a descriptive method. The research subjects are tenth-grade students from various majors at SMKN 40 Jakarta. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The peer tutoring learning model is implemented in three stages: preparation, execution, and evaluation. Students with better Qur’anic reading skills are appointed as tutors to guide their peers who are still struggling. The results indicate that before implementing peer tutoring, most students had difficulties reading the Qur'an, with varying levels of understanding—ranging from those still learning basic letter recognition to those beginning to grasp tajweed rules. After applying the peer tutoring model, there was an improvement in students' Qur'anic reading skills, particularly in the aspects of makhārij al-ḥurūf (pronunciation points of Arabic letters), proper length of recitation, and the application of tajweed rules. Students who previously struggled with reading showed progress in fluency, pronunciation accuracy, and understanding of tajweed principles, although some still required further guidance. Thus, the implementation of the peer tutoring learning model has proven to be effective in enhancing students' ability to read the Qur'an at SMKN 40 Jakarta. It is expected that this method can be more widely applied in Qur'anic learning within schools to support the improvement of Qur'anic literacy among students. Keywords: Peer Tutoring, Qur'anic Learning, Reading Ability, SMKN 40 Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Fadhil, M.Ag. ; 2). Dr. Izzatul Mardhiah, S.Ag.,MA.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FIS Pramadi .
Date Deposited: 23 May 2025 01:54
Last Modified: 23 May 2025 01:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56415

Actions (login required)

View Item View Item