PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN KREATIF TEKS FIKSI MELALUI METODE SQ3R PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN TEGAL ALUR 01 PAGI

Siti Annisa Jumarnis, . (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN KREATIF TEKS FIKSI MELALUI METODE SQ3R PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN TEGAL ALUR 01 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai upaya dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman kreatif dengan menggunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) pada siswa di SDN Tegal Alur 01 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sejumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian yang dilaksanakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan McTaggart. Teknik pengambilan data melalui hasil pemantau tindakan, tes evaluasi, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi. Hasil keterampilan membaca pemahaman kreatif yang diperoleh pada rata-rata siklus I adalah 71, lalu terjadi peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 85,4. Adapun ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 64% (18 siswa tuntas). Kemudian, peningkatan pada siklus II sebesar 86% (24 siswa tuntas). Berdasarkan keseluruhan analisis hasil penelitian metode SQ3R dalam pembelajaran berhasil meningkatkan keterampilan membaca pemahaman kreatif siswa kelas V di SDN Tegal Alur 01 Pagi. Dengan demikian melalui metode SQ3R dalam pembelajaran dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman kreatif siswa kelas V di SDN Tegal Alur 01 Pagi. **** This study aims to improve creative reading comprehension skills using the SQ3R method (Survey, Question, Read, Recite and Review) in students at SDN Tegal Alur 01 Pagi. The subjects of this study were 28 fifth-grade students consisting of 13 male students and 15 female students. The research conducted was Classroom Action Research (CAR) using the cycle model from Kemmis and McTaggart. Data collection techniques through action monitoring results, evaluation tests, and data collection using documentation. The results of creative reading comprehension skills obtained in the average cycle I were 71, then there was an increase in cycle II with an average of 85.4. The classical completeness in cycle I was 64% (18 students completed). Then, the increase in cycle II was 86% (24 students completed). Based on the overall analysis of the research results, the SQ3R method in learning succeeded in improving the creative reading comprehension skills of fifth-grade students at SDN Tegal Alur 01 Pagi. Thus, the SQ3R method in learning can be used as an alternative to improve the creative reading comprehension skills of fifth grade students at SDN Tegal Alur 01 Pagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Juhana Sakmal, M.Pd ; 2) Dr. Prayuningtyas Angger Wardhani, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Siti Annisa Jumarnis .
Date Deposited: 26 Aug 2025 01:10
Last Modified: 26 Aug 2025 01:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56418

Actions (login required)

View Item View Item