EKA YOGASWARA, . (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BELA NEGARA DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEBANGSAAN. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (836kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena meningkatnya kompleksitas tantangan pertahanan negara menuntut peran strategis Sumber Daya Manusia (SDM) di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Rumpin Bogor dalam membentuk kader bela negara yang berkualitas. SDM yang profesional, berintegritas, dan memiliki kompetensi dalam pendidikan bela negara menjadi faktor utama dalam keberhasilan program pembinaan kesadaran bela negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas SDM Pusdiklat Rumpin Bogor dalam menjalankan program bela negara, mencakup aspek kompetensi, struktur organisasi, serta budaya kerja yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, serta analisis dokumen kelembagaan terkait kebijakan SDM dan kurikulum pelatihan bela negara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDM Pusdiklat memiliki peran yang krusial dalam mendukung efektivitas program bela negara. Kompetensi instruktur dan tenaga pendidik berkontribusi langsung terhadap keberhasilan peserta dalam memahami serta menginternalisasi nilai-nilai bela negara. Namun, terdapat beberapa kendala, seperti belum optimalnya pembinaan SDM secara berkelanjutan, kebutuhan peningkatan kapasitas melalui pelatihan profesional, serta perlunya sinergi yang lebih baik dalam struktur organisasi guna meningkatkan efektivitas manajerial. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya reformasi manajemen SDM di Pusdiklat Rumpin Bogor dengan mengembangkan kebijakan penguatan kompetensi tenaga pendidik, optimalisasi sistem evaluasi kinerja, serta peningkatan budaya organisasi yang adaptif. Dengan demikian, Pusdiklat dapat lebih efektif dalam mencetak kader bela negara yang siap menghadapi tantangan pertahanan negara di masa depan. ************* The phenomenon of increasing complexity of national defense challenges demands the strategic role of Human Resources (HR) at the Rumpin Bogor Education and Training Center (Pusdiklat) in forming quality state defense cadres. Professional human resources, integrity, and competence in state defense education are the main factors in the success of the state defense awareness development program. This research aims to analyze the effectiveness of HR Pusdiklat Rumpin Bogor in running the state defense program, including aspects of competence, organizational structure, and work culture applied. The research method used is a qualitative approach with a case study. Data collection was conducted through in-depth interviews, observations, and analysis of institutional documents related to HR policies and the state defense training curriculum. The results showed that Pusdiklat's human resources have a crucial role in supporting the effectiveness of the state defense program. The competence of instructors and educators directly contributes to the success of participants in understanding and internalizing the values of state defense. However, there are several obstacles, such as the lack of optimal ongoing HR development, the need for capacity building through professional training, and the need for better synergy in the organizational structure to improve managerial effectiveness. The implications of this research emphasize the importance of HR management reform at the Rumpin Training Center in Bogor by developing policies to strengthen the competence of teaching staff, optimizing the performance evaluation system, and improving an adaptive organizational culture. Thus, the Pusdiklat can be more effective in producing state defense cadres who are ready to face future national defense challenges.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Setyo Ferry Wibowo, M.Si. ; 2). Prof. Agung Dharmawan Buchdadi, M.M.,Ph.D. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen |
Depositing User: | Eka Yogaswara . |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 08:42 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 08:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |