KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA ANAK USIA 5-6 TAHUN (PENELITIAN SURVEI DI SEKOLAH MULTILINGUAL WILAYAH SERPONG, TANGERANG SELATAN)

HEIDY WIDYANTRI, . (2020) KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA ANAK USIA 5-6 TAHUN (PENELITIAN SURVEI DI SEKOLAH MULTILINGUAL WILAYAH SERPONG, TANGERANG SELATAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER .pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian survei ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai keterampilan berbicara bahasa Indonesia anak usia 5-6 tahun di sekolah multilingual. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu kelurahan di Kecamatan Serpong, yaitu Kelurahan Rawa Mekar Jaya. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2019. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan data dengan instrumen ataupun kuisioner. Sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah 75 orangtua yang memiliki anak usia 5-6 tahun atau kelompok B yang menyekolahkan anaknya di sekolah multilingual di keluarahan Rawa Mekar Jaya. Analisis data dalam penelitian ini dibagi berdasarkan indikator dan pengelompokkan responden berdasarkan bahasa yang digunakan anak di rumah. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan keterampilan berbicara bahasa Indonesia anak usia 5-6 tahun di sekolah multilingual memperoleh kategori “baik”. Sebanyak 56% masuk dalam kategori “baik” dimana keterampilan berbicara bahasa Indonesia anak telah mampu mengeskpresikan atau menyampaikan maksud dan tujuan dan 44% masuk dalam kategori “sangat baik” dimana anak memenuhi semua indikator keterampilan berbicara bahasa Indonesia yang menggambarkan anak telah sangat mampu mengekspresikan atau menyampaikan maksud dan tujuan dengan sangat lancar. Mengatur penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa lainnya dengan tepat penting agar nantinya anak tidak kehilangan keterampilan berbicara bahasa Indonesia dalam kehidupannya. This survey research purpose to get an overview of Indonesian language speaking skills of children aged 5-6 years in multilingual schools. This research was held in one of the villages in Serpong District, namely Rawa Mekar Jaya Village. The research data collection was conducted in December 2019. This research method used survey methods and data collection techniques with instruments or questionnaires. Samples used as respondents in this study were 75 parents who have children aged 5-6 years or group B who send their children to multilingual schools in the Rawa Mekar Jaya area. Data analysis in this study was divided based on indicators and grouping of respondents based on the language used at home. The results of this study as a whole Indonesian language speaking skills of children aged 5-6 years in multilingual schools get the category of "good". As many as 56% fall into the category of "good" where the Indonesian language speaking skills of children have been able to expressed or convey intentions and goals and 44% fall into the category of "very good" where children meet all indicators of Indonesian speaking skills that illustrate the child is very capable of expressing or convey intentions and goals very smoothly. Arranging the use of Indonesian and other languages appropriately is important so that later children will not lose their Indonesian speaking skills in their lives.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eriva Syamsiatin, S.Pd, M.Si. ; 2). Dr. Nurjannah, SP, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 1865 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2020 18:23
Last Modified: 20 Mar 2020 18:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5644

Actions (login required)

View Item View Item