POLA INTERAKSI SOSIAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM PROSES PENDIDIKAN KELUARGA DI KELURAHAN GEDONG KECAMATAN PASAR REBO KOTA JAKARTA TIMUR

ANGRAENI PUSPITA SARI, . (2025) POLA INTERAKSI SOSIAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM PROSES PENDIDIKAN KELUARGA DI KELURAHAN GEDONG KECAMATAN PASAR REBO KOTA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER....pdf

Download (792kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi sosial orang tua dan anak dalam proses pendidikan Keluarga di Kelurahan Gedong Kecamatan Pasar Rebo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola interaksi terbagi menjadi dua yaitu langsung dan tidak langsung. Orang tua yang bekerja di rumah menerapkan interaksi langsung, menghasilkan kedekatan emosional sehingga terbentuk interaksi sosial asosiatif yaitu orang tua secara tepat memberikan pendidikan keluarga kepada anaknya dengan kerja sama dan akomodasi yang mengarah pada kepribadian anak yang disiplin dan toleransi kepada orang lain. Sebaliknya, orang tua yang sibuk bekerja menerapkan interaksi tidak langsung, mengarah pada interaksi disosiatif, yaitu orang tua kurang tepat dalam memberikan pendidikan keluarga kepada anak sehingga ditandai dengan persaingan antar saudara dan kontravensi antara anak dengan orang tua yang mengarah pada karakter anak yang individualisme, dimana anak-anak tersebut lebih mementingkan diri sendiri sehingga kurang peduli terhadap lingkungan sekitar. Dalam memberikan pendidikan keluarga, orang tua di Kelurahan Gedong juga mengalami kendala baik kendala internal seperti kesibukan orang tua dan kendala eksternal seperti pertemanan anak dan kemajuan teknologi. Kendala tersebut memberikan solusi bagi orang tua untuk selalu melakukan bimbingan dan pendekatan kepada anak serta memberikan motivasi. Kata Kunci: Pola Interaksi Sosial, Pendidikan Keluarga ******* ABSTRACT This study aims to determine the pattern of social interaction between parents and children in the process of family education in Gedong Village, Pasar Rebo District. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques used in this study are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data collection, data presentation, data reduction, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the interaction pattern is divided into two, namely direct and indirect. Parents who work at home apply direct interaction, resulting in emotional closeness so that associative social interaction is formed, namely parents appropriately provide family education to their children with cooperation and accommodation so that good character is formed. Conversely, parents who are busy working apply indirect interaction, leading to dissociative interaction, namely parents are less appropriate in providing family education to children so that it is marked by competition between siblings and controversy between children and parents. In providing family education, parents in Gedong Village also experience obstacles, both internal obstacles such as parents' busyness and external obstacles such as children's friendships and technological advances. These obstacles provide solutions for parents to always provide guidance and approaches to children and provide motivation Keywords: Social Interaction Patterns, Family Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Anan Sutisna, M.Pd. ; 2). Setiawan Wibowo, ,S.Tr.Par.,M.M.Par.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Angraeni Puspita Sari .
Date Deposited: 10 Jun 2025 07:02
Last Modified: 10 Jun 2025 07:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56453

Actions (login required)

View Item View Item