DELLA FADHILLAH ARDIYANTI, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK @VMULIANA TERHADAP KEBUTUHAN KEPUASAN MENGENAI INFORMASI PEMAHAMAN DAN PENGEMBANGAN KARIER PADA FOLLOWERS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (965kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (883kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (860kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (669kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial seperti Tiktok kini menjadi platform populer yang memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi, termasuk informasi mengenai pemahaman dan pengembangan karier. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan media sosial Tiktok @vmuliana terhadap kebutuhan kepuasan mengenai informasi pemahaman dan pengembangan karier pada followers. Tujuan dari penelitiannya yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial Tiktok @vmuliana terhadap kebutuhan kepuasan mengenai informasi pemahaman dan pengembangan karier. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications oleh Katz, Blumler, dan Gurevitch yang menjelaskan bahwa audiens aktif memilih media untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner menggunakan Google Form kepada seratus responden yang merupakan followers Tiktok @vmuliana dan dipilih dengan teknik purposive sampling. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan instrumen penelitian dapat digunakan secara sah dan konsisten, dengan hasil seluruh item dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial Tiktok @vmuliana berpengaruh kuat terhadap kebutuhan kepuasan dengan dimensi social media use for entertainment sebagai nilai mean tertinggi dari variabel media sosial (X) dan dimensi cognitive sebagai nilai mean tertinggi dari variabel kebutuhan kepuasan (Y). Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dan kuat antara konten Tiktok @vmuliana dengan kebutuhan kepuasan mengenai informasi pemahaman dan pengembangan karier pada followers. Disarankan agar content creator lebih meningkatkan interaksi dengan penggunanya dan dapat mengembangkan strategi konten. Kata Kunci: Media Sosial, Tiktok, Kebutuhan Kepuasan, Uses and Gratifications, Informasi Karier Social media such as Tiktok is now a popular platform that makes it easier for people to obtain information, including information about understanding and career development. The problem in this study is how the use of Tiktok @vmuliana social media affects the need for satisfaction regarding information on understanding and career development in followers. The purpose of this research is to find out how much influence the use of Tiktok @vmuliana social media has on satisfaction needs regarding understanding information and career development. This study uses the Uses and Gratifications theory by Katz, Blumler, and Gurevitch which explains that audiences actively choose media to meet certain needs. The research method used is a quantitative approach with survey techniques. Data collection was carried out through distributing questionnaires using Google Form to one hundred respondents who are Tiktok @vmuliana followers and selected by purposive sampling technique. Validity and reliability tests were carried out to ensure that the research instrument could be used legally and consistently, with the results that all items were declared valid and reliable. The results showed that Tiktok @vmuliana social media had a strong effect on satisfaction needs with the social media use for entertainment dimension as the highest mean value of the social media variable (X) and the cognitive dimension as the highest mean value of the satisfaction needs variable (Y). The conclusion of this study is that there is a significant and strong influence between Tiktok @vmuliana content and satisfaction needs regarding information on understanding and career development in followers. It is recommended that content creators further increase interaction with their users and can develop content strategies. Keywords: Social Media, Tiktok, Satisfaction Needs, Uses and Gratifications, Career Information
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Nada Arina Romli, M.I.Kom. 2). Dr. Marisa Puspita Sary, S.Sos.,M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 27728 not found. |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 03:24 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 03:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |