WAHIDDAH PUTRI YUSFAH, . (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPUTERISASI AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 19 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02 BAB I.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (945kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
![]() |
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi adalah sebuah perspektif yang mengedepankan pemahaman menyeluruh terhadap kebutuhan setiap peserta didik. Hal ini berarti proses belajar-mengajar sepenuhnya berpusat pada peserta didik, disesuaikan dengan kesiapan dan minat belajar mereka. Pendekatan ini bersifat fleksibel, dengan penekanan utama pada proses kemajuan dan perkembangan siswa dalam pembelajaran, bukan semata-mata pada pencapaian kriteria penilaian. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan hasil belajar dalam mata pelajaran komputerisasi akuntansi antara peserta didik yang mendapatkan pembelajaran berdiferensiasi dan mereka yang tidak. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental. Dengan populasi yang terdiri dari semua siswa kelas 11 Jurusan Akuntansi SMK Negeri 19 Jakarta, penelitian ini mengadopsi desain kuasi-eksperimental dalam bentuk posttest-only dengan kelompok nonekuivalen. Penelitian ini menerapkan metode pengambilan sampel jenuh, di mana seluruh populasi yang berjumlah 72 peserta didik dilibatkan. Populasi tersebut terdiri dari dua kelas yang kemudian dialokasikan menjadi kelas eksperimen dengan 36 peserta didik dan kelas kontrol dengan jumlah peserta didik yang sama, yaitu 36 orang. Analisis data dalam studi ini menggunakan uji statistik nonparametrik. Keputusan ini diambil setelah hasil pengujian menunjukkan bahwa asumsi normalitas dan homogenitas tidak terpenuhi. Seluruh pengujian statistik dilaksanakan menggunakan program SPSS 25.0. Hasil uji statistik nonparametrik menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2 tailed) adalah 0,000, yang mana lebih kecil dari 0,025. Oleh karena itu, hipotesis yang menyatakan adanya perbedaan hasil belajar komputerisasi akuntansi antara kelompok yang menerima pembelajaran berdiferensiasi dan kelompok yang tidak, dapat diterima dalam penelitian ini. Perbedaan hasil belajar ini disebabkan oleh variasi perlakuan antar model pembelajaran yang digunakan, tingkat penerimaan peserta didik terhadap aktivitas pembelajaran, serta peran guru yang mengajar. Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, kurikulum merdeka, student centered learning, minat belajar. ***** Differentiated instruction is a perspective that prioritizes a comprehensive understanding of each student's needs. This means the teaching and learning process is entirely student centered, tailored to their readiness and learning interests. This approach is flexible, with a primary emphasis on students' progress and development in learning, rather than solely on achieving assessment criteria. The main objective of this study was to identify differences in learning outcomes in computerized accounting between students who received differentiated instruction and those who did not. The researchers employed a quantitative approach with an experimental design. With a population comprising all 11th-grade accounting students at SMK Negeri 19 Jakarta, this study adopted a quasi experimental design in the form of a posttest-only non-equivalent control group. This research applied a saturated sampling method, involving the entire population of 72 students. The population consisted of two classes, which were then allocated into an experimental class with 36 students and a control class with the same number of students, totaling 36. Data analysis in this study utilized non-parametric statistical tests. This decision was made after testing showed that the assumptions of normality and homogeneity were not met. All statistical tests were performed using SPSS 25.0. The results of the non-parametric statistical test showed that the Asymp. Sig. (2-tailed) value was 0.000, which is less than 0.025. Therefore, the hypothesis stating a difference in computerized accounting learning outcomes between the group receiving differentiated instruction and the group not receiving it was accepted in this study. This difference in learning outcomes was attributed to variations in treatment between the instructional models used, students' receptiveness to learning activities, and the role of the teaching instructor. Keywords: differentiated instruction, learning outcomes, merdeka curriculum, student centered learning, learning interest
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Mardi, M. Si. ; 2). Ati Sumiati, S. Pd., MM. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 27744 not found. |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 06:21 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 06:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |