MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOKOMOTOR BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

MURSALIM BAHRI, . (2025) MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOKOMOTOR BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
LAMPIRAN&RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan, yang merupakan sarana untuk mendidik dan mengembangkan potensi peserta didik secara seimbang melalui berbagai kegiatan jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengambangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Tujuan pendidikan jasmani yang diselenggarakan di sekolah adalah untuk membantu peserta didik agar dapat meningkatkan dan mengembangkan keterampilan gerak (psikomotor), kognitif, spiritual, emosional, afektif dan pengetahuan hidup sehat. Model ADDIE cocok sebagai model pembelajaran untuk anak dan langkah-langkah dalam proses penelitian lebih mudah dimengerti serta lebih simple. Model desain pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE deskripsi tentang prosedur dan langkah – langkah penelitian pengembangan sudah banyak dikembangkan. Dengan menerapkan gerak dasar dalam permainan anak tidak cepat merasa bosan dan merasa termotivasi saat melakukan pembelajaran. Menyikapi hal tersebut maka diperlukan model pembelajaran gerak dasar lokomotor berbasis permainan pada siswa kelas V sekolah dasar yang menyenangkan dan dapat meningkatkan keterampilan gerak dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan dari semua data yang diperoleh dari hasil validasi ahli serta melalui beberapa tahap validasi, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa model pembelajaran gerak dasar lokomotor berbasis permainan pada siswa kelas V sekolah dasar ini dapat dikembangkan melalui permainan. Pengembangan model yang diperoleh secara keseluruhan dan ahli pembelajaran, ahli gerak dasar, dan ahli permainan menyatakan bahwa model yang dibuat termasuk sesuai dan layak digunakan.***** Physical education is an inseparable part of education, which is a means to educate and develop students' potential in a balanced way through various physical activities designed to improve physical fitness, develop motor skills, knowledge and healthy and active living behavior, sportsmanship and intelligence emotion. The aim of physical education held in schools is to help students improve and develop movement skills (psychomotor), cognitive, spiritual, emotional, affective and knowledge of healthy living. The ADDIE model is suitable as a learning model for children and the steps in the research process are easier to understand and simpler. The development design model used is the ADDIE model, a description of the procedures and steps of development research that has been widely developed. By applying basic movements in games, children don't get bored quickly and feel motivated when learning. In response to this, a game-based basic locomotor movement learning model is needed for fifth grade elementary school students that is fun and can improve movement skills in everyday life. Based on all the data obtained from the results of expert validation and through several validation stages, the researcher can draw the conclusion that the game-based basic locomotor movement learning model for fifth grade elementary school students can be developed through games. The development of the model obtained as a whole and learning experts, basic movement experts, and game experts stated that the model created was suitable and suitable for use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Iwan Setiawan, M.Pd ; 2). Mastri Juniarto, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: mursalim bahri .
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:09
Last Modified: 02 Jul 2025 04:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56539

Actions (login required)

View Item View Item