PENERAPAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION PADA MATERI POLINOMIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS XI C SMAN 54 JAKARTA

JEREMY JEAN PETERSON SIRAIT, . (2025) PENERAPAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION PADA MATERI POLINOMIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS XI C SMAN 54 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI C SMAN 54 Jakarta melalui pendekatan Differentiated Instruction pada materi Polinomial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan dilakukan dalam 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang siswa kelas XI C SMAN 54 Jakarta dari setiap kategori kemampuan pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan oleh subjek penelitian dilihat dari rata-rata nilai hasil tes dan jumlah subjek penelitian minimal 80% yang telah mencapai atau melebihi rentang nilai (80 ≤ Nilai < 90) atau berada dalam kategori “Sangat Baik”. Siklus I diperoleh rata-rata nilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis subjek penelitian yaitu 59,7 berada dalam kategori “Cukup” dan jumlah subjek penelitian yang tuntas yaitu terdapat 1 orang siswa atau 17% dari keenam subjek penelitian yang tuntas. Pada siklus II rata-rata nilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis subjek penelitian yaitu meningkat 28% dari siklus I menjadi 76,4 berada dalam kategori “Baik” dan jumlah subjek penelitian yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 4 orang siswa atau 67% dari keenam subjek penelitian. Pada siklus III rata-rata nilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis subjek penelitian yaitu juga meningkat 12.7% dari siklus II menjadi 86,1 berada dalam kategori “Sangat Baik” dan jumlah subjek penelitian yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 6 orang siswa atau 100% dari keenam subjek penelitian. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Differentiated Instruction pada materi Polinomial dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI C SMAN 54 Jakarta. ***** This study aims to improve the student’s mathematical problem solving abilities of class XI C students of SMAN 54 Jakarta through the application of Differentiated Instruction on Polynomial. The method used in this research is Classroom Action Research (CAR). The action was carried out in 3 cycles. The subjects in this study consisted of 6 students of class XI C SMAN 54 Jakarta from each category of problem-solving abilities. The instruments used in this study were observations and tests of mathematical problem solving abilites. The data was analized with descriptive qualitative and quantitative. The results showed that the increase in research subjects was seen from the average score of the test results and the number of research subjects at least 80% who had reached or exceeded the range of values (80 ≤ Score ≤ 100) or were in the "Very Good" category. Cycle I obtained the average score of research subjects' test results on mathematical problem solving abilities, namely 59.7 in the "Enough" category, and the number of research subjects who completed, namely there was 1 student or 17% of the six research subjects who completed. In cycle II, the average score of research subjects' test results on mathematical problem solving abilities increased by 28% from cycle I to 76.4 in the "Good" category, and the number of research subjects who completed increased to 4 students or 67% of the six research subjects. In cycle III, the average score of research subjects' test results on mathematical problem solving abilities, which also increased by 12.7% from cycle II to 86.1, was in the "Very Good" category, and the number of research subjects who completed increased to 6 students or 100% of the six research subjects. So it can be concluded that the application of the Differentiated Instruction can improve the mathematical problem solving abilities of class XI C students of SMAN 54 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Pinta Deniyanti Sampoerno, M.Si. ; 2). Dr. Flavia Aurelia Hidajat, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Jeremy Jean Peterson Sirait .
Date Deposited: 02 Jul 2025 06:06
Last Modified: 02 Jul 2025 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56540

Actions (login required)

View Item View Item