PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU EDUKATIF UNO FLUID BATTLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI FLUIDA

AZMI NURISMAYANTI, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU EDUKATIF UNO FLUID BATTLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI FLUIDA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa kartu permainan UNO Fluid Battles guna meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi fluida. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, terbatas hingga tahap development. Validasi dilakukan oleh ahli materi dengan persentase kelayakan sebesar 86,56% dan oleh ahli media sebesar 97,22%, yang menunjukkan bahwa media tergolong sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Uji efektivitas menggunakan metode n-gain menghasilkan nilai 0,76 (kategori tinggi), dan perhitungan Cohen’s d sebesar 2,09 (efek besar). Selain itu, uji reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach's Alpha memperoleh nilai 0,72 yang menunjukkan reliabilitas tinggi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa UNO Fluid Battles tidak hanya berhasil dikembangkan sebagai media pembelajaran interaktif, tetapi juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi fluida. ***This study aims to develop an educational card game called UNO Fluid Battles to improve students’ cognitive learning outcomes on fluid material. The research employed a Research and Development (R&D) method using the ADDIE development model, limited to the development stage. Validation results from subject matter experts showed a feasibility score of 86.56%, while media experts gave a score of 97.22%, indicating that the media is highly suitable for learning. The effectiveness test using the n-gain method yielded a score of 0.76 (high category), and the Cohen’s d effect size was 2.09 (large effect). Furthermore, the instrument reliability test using Cronbach's Alpha resulted in a score of 0.72, indicating high reliability. These findings demonstrate that UNO Fluid Battles was not only successfully developed as an interactive learning medium but also proven effective in enhancing students’ cognitive learning outcomes on the topic of fluids.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. I Made Astra, M.Si. ; 2). Syafrima Wahyu, S.Si.,M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 27710 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:16
Last Modified: 07 Jul 2025 08:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56549

Actions (login required)

View Item View Item