MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS III SDI CILILITAN 2 KEBON PALA JAKARTA TIMUR)

ARTIA, . (2025) MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS III SDI CILILITAN 2 KEBON PALA JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
LAMPIRANN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini dilakukan sebagai Penelitian Tindakan Kelas yang melibatkan siswa kelas III SDI Cililitan 2, Jakarta. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, angket kecerdasan interpersonal, dan catatan lapangan. Instrumen difokuskan pada indikator kecerdasan interpersonal seperti kepekaan sosial, wawasan sosial, dan komunikasi sosial. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model kualitatif interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yang terdiri dari tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keberhasilan intervensi dievaluasi berdasarkan persentase siswa yang mencapai tingkat kecerdasan interpersonal yang lebih tinggi setelah penerapan model Group Investigation. Temuan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kecerdasan interpersonal siswa di kedua siklus. Siswa menunjukkan kerja sama, empati, komunikasi, dan partisipasi yang lebih baik selama kegiatan kelompok. Selain itu, peran guru dalam memfasilitasi interaksi siswa dan membimbing proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Studi ini menyimpulkan bahwa model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation efektif dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal di antara siswa kelas tiga dalam pembelajaran IPS. Model ini mendorong partisipasi aktif, interaksi sosial, dan tanggung jawab bersama, sehingga cocok untuk mengembangkan keterampilan interpersonal abad ke-21 dalam konteks sekolah dasar. ******** This classroom action research aims to improve students’ interpersonal intelligence in Social Studies learning through the implementation of the Cooperative Learning model of Group Investigation. The research was conducted as Classroom Action Research involving third-grade students of SDI Cililitan 2, Jakarta. The study was carried out in two cycles, each consisting of planning, action, observation, and reflection. Data were collected using observation sheets, interpersonal intelligence questionnaires, and field notes. The instruments focused on indicators of interpersonal intelligence such as social sensitivity, social insight, and social communication. Data analysis was conducted using an interactive qualitative model developed by Miles and Huberman, consisting of three stages: data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The success of the intervention was evaluated based on the percentage of students achieving higher levels of interpersonal intelligence after the implementation of the Group Investigation model. The findings showed a significant improvement in students’ interpersonal intelligence across both cycles. Students demonstrated better collaboration, empathy, communication, and participation during group activities. In addition, the teacher’s role in facilitating student interaction and guiding the learning process became more effective. The study concludes that the Cooperative Learning model of Group Investigation is effective in enhancing interpersonal intelligence among third-grade students in Social Studies learning. The model promotes active participation, social interaction, and shared responsibility, making it suitable for developing 21st-century interpersonal skills in elementary school contexts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Prof.Dr.Ir. Arita Marini, M.E.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ARTIA .
Date Deposited: 09 Jul 2025 01:24
Last Modified: 09 Jul 2025 01:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56553

Actions (login required)

View Item View Item