INDIRA ANGGANANJATI, . (2025) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL TOUR MUSEUM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 21 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai penggunaan media pembelajaran Virtual Tour Museum terhadap kemampuan berpikir historis dan hasil belajar di SMA Negeri 21 Jakarta. Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1) Mengetahui Apakah penerapan media virtual tour museum mampu meningkatkan kemampuan berpikir historis dan hasil belajar. 2) Menjelaskan bagaimana cara penggunaan media virtual tour museum terhadap kemampuan berpikir historis dan hasil belajar. 3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan virtual tour museum terhadap kemampuan berpikir historis dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2024/2025 di kelas XI-6 SMA Negeri 21 Jakarta dengan jumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Data pada penelitian ini didapatkan dari wawancara, hasil observasi, dan analisis dokumen serta tugas siswa. Responden dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dari kelas XI-6. Data yang didapatkan diolah melalui triangulasi kemudian dilakukan interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) penggunaan Virtual Tour Museum dalam kegiatan pembelajaran memberikan respon positif terhadap kemampuan berpikir historis dan kenaikan hasil belajar peserta didik. (2) Penggunaan Virtual Tour Museum membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam memahami aspek berpikir historis berupa berpikir kronologis, perubahan dan keberlanjutan, dan sebab akibat. Peningkatan pemahaman ini telihat dari respon siswa saat wawancara. Adanya peningkatan pemahaman mendorong hasil belajar siswa cenderung meningkat. (3) Penggunaan Virtual Tour Museum dalam kegiatan pembelajaran meskipun memberikan hasil postif namun, masih memerlukan keberadaan guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media virtual tour museum dalam kegiatan pembelajaran secara aktif berpengaruh tehadap kemampuan berpikir historis dan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 21 Jakarta. ***** This study discusses the use of Virtual Tour Museum learning media on historical thinking skills and learning outcomes at SMA Negeri 21 Jakarta. The objectives of this study are 1) Knowing whether the application of virtual tour museum media can improve historical thinking skills and learning outcomes. 2) Explaining how to use virtual tour museum media on historical thinking skills and learning outcomes. 3) Describe the factors that influence the use of virtual tour museums on historical thinking skills and learning outcomes. This research was conducted in the 2024/2025 learning year in class XI-6 SMA Negeri 21 Jakarta with 36 students. This research uses Qualitative research methods. The data in this study were obtained from interviews, observation results, and analysis of documents and student assignments. Respondents in this study were teachers and students from class XI-6. The results of this study indicate that (1) the use of Virtual Tour Museum in learning activities provides a positive response to the historical thinking ability and the increase in student learning outcomes. (2) The use of Virtual Tour Museum helps students in learning activities, especially in understanding aspects of historical thinking in the form of chronological thinking, change and continuity, and cause and effect. This increase in understanding can be seen from student responses during interviews. The increase in understanding encourages student learning outcomes to tend to increase. (3) The use of Virtual Tour Museum in learning activities despite providing positive results, however, still requires the presence of teachers as facilitators in learning activities. Based on the findings of this study, it can be concluded that the use of virtual museum tours as a learning medium actively helps enhance students' historical thinking skills and learning outcomes at SMA Negeri 21 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. M. Fakhruddin, M.Si 2) Dr. Nurzengky Ibrahim, M.M |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Indira Anggananjati . |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 02:13 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 02:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |