TIARA NURAEINI, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB “JENDELA” PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (926kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Minimnya pengetahuan siswa sekolah dasar terhadap nilai-nilai kebudayaan Indonesia menjadi salah satu latar belakang pengembangan media pembelajaran berbasis web ini. Penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan dari produk media pembelajaran interaktif berbasis web JENDELA (Jelajah dan Eksplorasi Budaya) pada pembelajaran pendidikan pancasila khususnya materi keragaman budaya. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara dan penyebaran kuesioner, dengan responden yang terdiri atas ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru kelas, serta peserta didik kelas V. Hasil kelayakan yang didapat dari validasi ahli materi memperoleh skor 92%, validasi ahli bahasa memperoleh skor 89%, dan validasi ahli media memperoleh skor 88%. Rata-rata hasil yang diperoleh dari validasi oleh seluruh ahli sebesar 89,6% dengan kategori sangat baik atau sangat layak untuk digunakan. Selanjutnya hasil dari uji coba produk yang dilakukan kepada peserta didik kelas V SDN Petukangan Selatan 05 memperoleh hasil 89,33% pada uji coba One To One, uji coba Small Group memperoleh 90,53%, dan uji coba Field Test memperoleh hasil 92,22%. Berdasarkan hasil validasi para ahli dan uji coba kepada peserta didik, media pembelajaran interaktif berbasis web JENDELA (Jelajah dan Eksplorasi Budaya) dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Keberagaman Budaya untuk siswa kelas V SD. ***** The lack of knowledge of elementary school students about Indonesian cultural values is one of the backgrounds for the development of this web-based learning media. This research and development is to produce and determine the feasibility of JENDELA (Jelajah dan Eksplorasi Budaya) web-based interactive learning media products in Pancasila education learning, especially cultural diversity material. The method used is research and development (R&D) with the ADDIE development model. Data collection techniques in this study include interviews and distributing questionnaires, with respondents consisting of material experts, media experts, linguists, class teachers, and fifth grade students. The eligibility results obtained from the material expert validation obtained a score of 92%, the linguist validation obtained a score of 89%, and the media expert validation obtained a score of 88%. The average result obtained from validation by all experts is 89.6% with a very good category or very suitable for use. Furthermore, the results of the product trial conducted on fifth grade students of SDN Petukangan Selatan 05 obtained 89.33% in the One To One trial, the Small Group trial obtained 90.53%, and the Field Test trial obtained 92.22%. Based on the results of validation of experts and trials to students, web-based interactive learning media JENDELA (Jelajah and Eksplorasi Budaya) is declared very feasible to use as a supporting medium in learning Pancasila Education material on Cultural Diversity for grade V students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Linda Zakiah, M.Pd. ; 2). Imaningtyas, M.Pd. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Budaya, Adat Istiadat Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Tiara Nuraeini . |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:20 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 02:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |