PENGEMBANGAN FLEX BLENDED LEARNING DENGAN COOPERATIVE LEARNING METHOD PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-MARHALAH AL-'ULYA

FAZNAH, . (2025) PENGEMBANGAN FLEX BLENDED LEARNING DENGAN COOPERATIVE LEARNING METHOD PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-MARHALAH AL-'ULYA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang hadir telah mendorong lembaga pendidikan untuk memberikan inovasi dalam menciptakan pembelajaran yang mendukung pendidikan di era digital. Blended learning menjadi alternatif bagi lembaga yang masih menerapkan pembelajaran tatap muka untuk mengintegrasikan teknologi dan menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan durasi waktu pembelajaran agar mahasiswa dapat belajar secara aktif dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan flex blended learning dengan cooperative learning method pada mata kuliah media pembelajaran untuk mahasiswa prodi PAI di STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Deveelopment (R & D) menggunakan model pengembangan SAM (Successive Approximation Model) dengan melibatkan 23 mahasiswa PAI dan 3 orang ahli (desain pembelajaran, media dan materi). Hasil expert review sebesar 81.33% untuk desain pembelajaran, 80.00% untuk media pembelajaran, dan 85.56% untuk materi menunjukkan kelayakan yang tinggi dan siap digunakan pada pembelajaran yang sebenarnya. Selanjutnya, untuk hasil efektivitas tercermin dari peningkatan rata-rata skor pre-test 60% menjadi 88.18% pada post-test, melalui peningkatan sebesar 28.18% dengan rata – rata nilai N-Gain sebesar 0,64 yang ditafsirkan cukup efektif. Pengembangan flex blended learning dengan cooperative learning method pada mata kuliah media pembelajaran memberikan solusi pembelajaran inovatif yang mendukung keterlibatan aktif mahasiswa dan fleksibilitas belajar di era digital.***** The advancement of technology has encouraged educational institutions to innovate in designing learning approaches that support education in the digital era. Blended learning has become an alternative for institutions that still rely on face-to-face instruction, enabling the integration of technology and providing a solution to address time constraints in learning, thereby allowing students to engage in active and flexible learning. This study aims to develop a flex blended learning design using the cooperative learning method in the Media Pembelajaran course for students of the Islamic Education (PAI) program at STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi. This research adopts a Research and Development (R&D) approach using the Successive Approximation Model (SAM), involving 23 PAI students and 3 experts in instructional design, media, and content. The expert reviews yielded high feasibility scores: 81.33% for instructional design, 80.00% for learning media, and 85.56% for content, indicating the product is highly feasible and ready for actual implementation. Furthermore, the effectiveness is reflected in the improvement of the average pre-test score from 60% to 88.18% in the post-test, with a gain of 28.18% and an average N-Gain score of 0.64, interpreted as moderately effective. The development of flex blended learning with a cooperative learning method in the Media Pembelajaran course offers an innovative learning solution that supports active student engagement and flexible learning in the digital era.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Khaerudin, M.Pd. ; 2) Dr. Indina Tarjiah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Faznah .
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:01
Last Modified: 14 Jul 2025 07:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56584

Actions (login required)

View Item View Item