PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP BURNOUT AKADEMIK MELALUI EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNJ

NUKE APRIYANTI, . (2025) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP BURNOUT AKADEMIK MELALUI EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN THESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap burnout akademik melalui efikasi diri mahasiswa tingkat akhir Pendidikan Administrasi Perkantoran UNJ. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini berasal dari mahasiswa tingkat akhir dengan menggunakan populasi jenuh sebanyak 100 mahasiswa yang seluruhnya dijadikan sebagai sample dalam penelitian. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui Google Form. Model penelitian ini menggunakan teknik analisis melalui jalur Structural Equation Modelling (SEM) dan menggunakan bantuan Partial Least Square (PLS) versi SmartPLS4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial berpengaruh secara langsung negatif signifikan terhadap burnout akademik dengan hasil perhitungan original sample -0,229, tstatistik 1,982 dan P-Value sebesar 0,045, H1 diterima. Dukungan sosial berpengaruh secara langsung positif signifikan terhadap efikasi diri dengan hasil perhitungan original sample 0,745, tstatistik 13,444 dan P-Value sebesar 0,000, H2 diterima. Efikasi diri berpengaruh secara langsung negatif signifikan terhadap burnout akademik dengan hasil perhitungan original sample -0,265, tstatistik 2,439 dan P-Value sebesar 0,015, H3 diterima. Dukungan sosial berpengaruh secara tidak langsung signifikan terhadap burnout akademik melalui efikasi diri dengan hasil perhitungan original sample -0,198, tstatistik 2,217 dan P-Value sebesar 0,027, H4 diterima ***** This study aims to find out the effect of Social Support on Academic Burnout Through Self- Efficacy in Final-Year Students of Office Administration Education at UNJ. This research method uses quantitative research methods. The study population is final-year students using a saturated sampling technique with a total of 100 students, all of whom were selected as the sample for the research. The model in this study used an analytical technique with Structural Equation Modelling (SEM) path analysis and uses the Partial Least quare (PLS) version of SmartPLS 4.0. The research results indicate that social support has a significant direct negative effect on academic burnout, with an original sample value of -0.229, a tstatistic of 1.982, and a P-value of 0.045, confirming H1. Social support has a significant direct positive effect on self-efficacy, with an original sample value of 0.745, a tstatistic of 13.444, and a P-value of 0.000, confirming H2. Self-efficacy has a significant direct negative effect on academic burnout, with an original sample value of -0.265, a tstatistic of 2.439, and a P- value of 0.015, confirming H3. Social support has a significant indirect effect on academic burnout through self-efficacy, with an original sample value of -0.198, a tstatistic of 2.217, and a P-value of 0.027, confirming H4.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Roni Faslah, S.Pd., M.M ; 2). Suherdi, S.Pd., S.H., M.M
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Nuke Apriyanti .
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:38
Last Modified: 15 Jul 2025 08:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56594

Actions (login required)

View Item View Item