NI'SYA OKTAVIANI, . (2025) AKTIVITAS LEISURE PADA KOMUNITAS MUSIK DI RUANG KETIGA (Studi Kasus Komunitas Musik "After Work" di Nest Coffee Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Ni’sya Oktaviani. Aktivitas Leisure Komunitas Pada Komunitas Musik di Ruang Ketiga (Studi Kasus Komunitas Musik “After Work” di Nest Coffee Depok). Skripsi: Jakarta, Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Jakarta, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa ruang publik modern dapat menjadi ruang partisipatif bagi komunitas lokal. Selain itu, dengan melihat lebih dekat praktik komunitas musik After Work di Nest Coffee Depok, penelitian ini dapat mengungkap dimensi sosial, kultural, dan simbolik dari ruang ketiga. Pendekatan ini memungkinkan adanya pemahaman yang lebih dalam tentang peran komunitas dalam membentuk ruang sosial alternatif dan memberi makna terhadap keberadaan ruang ketiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek pada penelitian ini berjumlah 6 informan, yaitu 3 informan utama dari anggota komunitas, 1 informan merupakan pemilik Nest Coffee, 1 orang konsumen di Nest Coffee dan 1 informan merupakan seorang Creative Director komunitas musik sebagai informan triangulasi. Waktu pelaksanaan penelitian ini terhitung sejak bulan Juni sampai dengan November 2023 dan dilanjutkan kembali pada November 2024 hingga Januari 2025. Hasil pengumpulan data diperoleh melalui observasi terhadap kegiatan dan aktivitas komunitas musik di Nest Coffee, selanjutnya melakukan wawancara dengan para informan, dan melakukan dokumentasi terhadap kegiatan anggota komunitas musik di Nest Coffee. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ruang ketiga sangat berperan penting bagi semua kalangan masyarakat terutama bagi beberapa komunitas seperti salah satunya adalah komunitas musik. Motivasi komunitas musik yang awalnya hanya untuk mengisi waktu luang perlahan menjadi sebuah peluang bagi komunitas. Beberapa strategi seperti melakukan kerja sama dengan pihak-pihak di ruang ketiga seperti kedai kopi dibentuk sebagai upaya untuk mempertahankan eksistensi komunitas musik dalam memperkenalkan keberadaan komunitas musik ke masyarakat luas. Kehadiran kedai kopi sebagai ruang ketiga juga memberikan wadah bagi komunitas musik dalam meningkatkan aktualisasi kelompok melalui sebuah penampilan musik. Komunitas musik memiliki tantangan dan peluang dalam upaya pembangunan sosial di masyarakat. ***** Ni’sya Oktaviani. Leisure Activities of a Community in a Music Community at the Third Place (Case Study of the “After Work” Music Community at Nest Coffee, Depok). Thesis: Jakarta, Sociology Study Program, Faculty of Social Science and Law, Universitas Negeri Jakarta, 2025. This research aims explain that modern public spaces can serve as participatory spaces for local communities. Furthermore, by closely examining the practices of the After Work music community at Nest Coffee Depok, this research can reveal the social, cultural, and symbolic dimensions of the third place. This approach allows for a deeper understanding of the role of communities in shaping alternative social spaces and assigning meaning to the existence of third places. This study uses a qualitative approach with a case study research design. The subjects of this research consist of six informants, including three main informants from the music community members, one informant who is the owner of Nest Coffee, one pelangganat Nest Coffee and one informant who is a musician and the Creative Director of the Kafae Corps music community in Cibubur, serving as a triangulation informant. The research was conducted from June to November 2023 and resumed from November 2024 to January 2024. Data collection was carried out through observation of the activities and events held by the music community at Nest Coffee, in-depth interviews with the community members, and documentation of the music community's activities at the café. The results of this study show that the third place plays a vital role for various segments of society, especially for communities such as music communities. What initially began as a motivation to simply fill Leisure time gradually turned into an opportunity for the community. Several strategies, such as collaborating with third-place venues like coffee shops, were developed as efforts to sustain the music community’s existence and to introduce the community to a broader audience. The presence of coffee shops as third places also serves as a platform for music communities to enhance group self-actualization through musical performances. Music communities face both challenges and opportunities in their efforts to contribute to social development within society. Keywords: Leisure Activities, Music Community, Coffee Shop, Third Place.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Robertus Robet, MA ; 2) Dr. Rusfadia Saktiyanti Jahja, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Ni'sya Oktaviani . |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:59 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |