PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-BOOK PADA MATA KULIAH ANIMASI KOMPUTER UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DENGAN MODEL ADDIE

RIDHO AHMAD GIBRAN, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-BOOK PADA MATA KULIAH ANIMASI KOMPUTER UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DENGAN MODEL ADDIE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran mata kuliah Animasi Komputer adalah kurangnya media yang interaktif dan representatif, khususnya pada materi Prinsip Animasi 2D yang kompleks dan membutuhkan visualisasi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa E-Book interaktif menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan penilaian ahli materi sebesar 100%, dua ahli media rata-rata 89%, dan responden mahasiswa sebesar 88%. Dengan demikian, E-Book interaktif Prinsip Animasi 2D ini dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran dalam mendukung proses belajar mahasiswa pada mata kuliah Animasi Komputer di Universitas Negeri Jakarta. ***** The main problem in the Animation Computer course is the lack of interactive and representative learning media, especially for the complex topic of 2D Animation Principles, which requires strong visualization. This study aims to develop an interactive E-Book as a learning medium using the ADDIE model, which consists of five stages: Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The feasibility test results indicate that the media is highly suitable for use, with an expert validation score of 100% from the material expert, an average of 89% from two media experts, and 88% from student respondents. Therefore, the interactive E-Book on 2D Animation Principles is declared highly feasible as a learning medium to support the learning process of students in the Animation Computer course at Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ressy Dwitias Sari, S.T., M.T.I ; 2). Via Tuhamah Fauziastuti, S.Si, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Kesenian > Seni Menggambar
Kesenian > Seni Lukis
Kesenian > Seni (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Ridho Ahmad Gibran .
Date Deposited: 24 Jul 2025 07:34
Last Modified: 24 Jul 2025 07:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56702

Actions (login required)

View Item View Item