MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR MENARI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFIKASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN BUDAYA JAKARTA KELAS IV-A SDN JATINEGARA 15 PAGI

TIARA PUTRI HANDAYANI, . (2025) MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR MENARI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFIKASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN BUDAYA JAKARTA KELAS IV-A SDN JATINEGARA 15 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (809kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar menari melalui pembelajaran berbasis gamifikasi dalam pembelajaran Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta (PLBJ) pada peserta didik IV-A SDN Jatinegara 15 Pagi dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 peserta didik. Penelitian dilakukan dalam rentang bulan Januari - Mei 2025 pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & McTaggart dan dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Keterampilan dasar menari yang diharapkan harus mencapai kriteria keberhasilan sebesar ≥75 dengan ketuntasan sebesar 80% dari jumlah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan adanya peningkatan keterampilan dasar menari setelah diterapkan pembelajaran berbasis gamifikasi pada muatan Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta (PLBJ) yang ditandai dengan meningkatnya keterampilan menari peserta didik pada setiap siklusnya. Keterampilan dasar menari peserta didik pada siklus I meraih persentase sebesar 70%. Pada siklus II meningkat menjadi sebesar 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan jika penerapan pembelajaran berbasis gamifikasi diterapkan, maka dapat meningkatan keterampilan dasar menari peserta didik. Kata kunci: Keterampilan Dasar Menari, Pembelajaran Gamifikasi, Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta (PLBJ). ***** This study aims to improve basic dance skills through gamification-based learning in Jakarta Cultural Environmental Education subjects for IV-A students of SDN Jatinegara 15 Pagi with a total of 30 students. The study was conducted in the period of January - May 2025 in the even semester of the 2024/2025 academic year. The research method used in this study is Classroom Action Research which adapts the Kemmis & McTaggart model and is carried out in two cycles where each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation, reflection. The expected basic dancing skills must achieve the success criteria of ≥75 with a completion of 80% of the number of students. The results of the study showed that there was an increase in basic dancing skills after the implementation of gamification-based learning in Jakarta Cultural Environmental Education subjects which was marked by an increase in students’ dancing skills in each cycle. The basic dancing skills of students in cycle I reached a percentage of 70%. In cycle II it increased to 83%. Thus it can be concluded that if the implementation of gamification-based learning is implemented, it can improve students’ basic dancing skills. Keywords: Basic Dancing Skills, Gamification Learning, Jakarta Cultural Environmental Education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Yofita Sari, M.Pd. ; 2) Dr. Prayuningtyas Angger Wardhani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Kesenian > Seni Tari
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tiara Putri Handayani .
Date Deposited: 24 Jul 2025 07:42
Last Modified: 24 Jul 2025 07:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56718

Actions (login required)

View Item View Item