ANALISIS SENTIMEN PUBLIK TERHADAP ISU MODIFIKASI BAHAN BAKAR PERTAMAX PERTAMINA DI MEDIA SOSIAL

MELANI DWI KHOTIMAH, . (2025) ANALISIS SENTIMEN PUBLIK TERHADAP ISU MODIFIKASI BAHAN BAKAR PERTAMAX PERTAMINA DI MEDIA SOSIAL. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3. Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4. HASIL PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pertamina memainkan peran penting dalam menyediakan bahan bakar seperti pertamax dan pertalite untuk mendukung mobilitas masyarakat, melihat betapa pentingnya bahan bakar yang dihasilkan oleh Pertamina, tidak mengherankan jika isuisu terkaitnya selalu hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan analisis sentimen dan dinamika publik terkait dengan isu modifikasi pertamax melalui media sosial. Penelitian ini mengeksplorasi perasaan masyarakat mengenai modifikasi Pertamax dengan menggunakan Brand24 untuk mengawasi pendapat baik, buruk, dan netral di platform sosial seperti Twitter, Facebook, dan TikTok. Hasil dari analisis perasaan ini dimanfaatkan untuk mengidentifikasi pandangan masyarakat serta menilai reaksi terhadap kebijakan, dengan menemukan bahwa prevalensi sentimen negatif bisa menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara kebijakan dan kebutuhan masyarakat serta perlunya komunikasi yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan netnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non-partisipatif dengan alat crowling data Brand24 untuk mengumpulkan data dari TikTok, Twitter/X, dan Facebook periode 9 Februari–15 April 2025. Hasil menunjukkan sentimen negatif mendominasi (64,7%), mencerminkan ketidakpuasan dan kekhawatiran masyarakat terhadap modifikasi bahan bakar, diikuti sentimen positif (35,3%) yang percaya modifikasi meningkatkan performa dan ramah lingkungan, serta sentimen netral yang minim. TikTok dan Twitter/X menjadi platform paling aktif dengan total 36.000 akun dan 13.000 konten terkait. Media sosial berperan penting dalam membentuk opini publik dengan algoritma dan akun besar mempercepat polarisasi sentimen. Rekomendasi mencakup peningkatan transparansi dan komunikasi Pertamina untuk memulihkan kepercayaan, serta saran penelitian lanjutan dengan cakupan data dan metode lebih luas. ***** Pertamina plays an important role in providing fuels such as pertamax and pertalite to support people's mobility, seeing how important the fuel produced by Pertamina is, it is not surprising that issues related to it are always discussed by the public. This research aims to provide knowledge of sentiment analysis and public dynamics related to the issue of firstx modification through social media. This research uses a descriptive qualitative method with a netnography approach. The data collection technique used non-participatory observation with the Brand24 data collection tool to collect data from TikTok, Twitter/X, and Facebook for the period February 9-April 15, 2025. This research explored people's feelings about the Pertamax modification by using Brand24 to monitor good, bad and neutral opinions on social platforms such as Twitter, Facebook and TikTok. The results of this feeling analysis were utilized to identify people's views and assess reactions to the policy, finding that the prevalence of negative sentiments could indicate a mismatch between the policy and people's needs and the need for better communication. Results showed that negative sentiment dominated (64.7%), reflecting people's dissatisfaction and concerns about fuel modification, followed by positive sentiment (35.3%) who believe modification improves performance and is environmentally friendly, and minimal neutral sentiment. TikTok and Twitter/X were the most active platforms with a total of 36,000 accounts and 13,000 related contents. Social media plays an important role in shaping public opinion with algorithms and large accounts accelerating sentiment polarization. Recommendations include improving Pertamina's transparency and communication to restore trust, and suggesting further research with a wider range of data and methods.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Menati Fajar Rizki, M.I.Kom. ; 2). Anggun Nadia Fatimah, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Melani Dwi Khotimah .
Date Deposited: 25 Jul 2025 05:52
Last Modified: 25 Jul 2025 05:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56738

Actions (login required)

View Item View Item