PEMBELAJARAN PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS PADA SEKOLAH MENEGAH PERTAMA BOARDING SCHOOL (Suatu Penelitian Etnografi Pedagogik)

AFRIZAL, . (2025) PEMBELAJARAN PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS PADA SEKOLAH MENEGAH PERTAMA BOARDING SCHOOL (Suatu Penelitian Etnografi Pedagogik). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover daftar isi 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN 1.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V PEMBAHASAN PENELITIAN 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 1.pdf

Download (563kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dukungan situasi lingkungan yang menunjang proses pembelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya pada keterampilan berbicara. Dalam banyak hal kondisi ini belum dapat diwujudkan pada pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah formal yang berbasis kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai proses pembelajaran percakapan bahasa Inggris pada Sekolah Menegah Pertama berbasis Boarding School. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode etnografi model Spradley. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2021 sampai dengan September 2023. Pengumpulan data dilakukan melalui partisipasi langsung terhadap latar penelitian dengan melakukan wawancara, observasi langsung, studi dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Tujuan khusus nya siswa dapat menguasai keterampilan bahasa khususnya percakapan dalam bahasa Inggris. (2) Strategi yang digunakan oleh siswa dalam belajar bahasa Inggris yaitu: strategi kognitif, strategi metakognitif, strategi sosial dan strategi pengolahan sumber daya. (3) Kurikulum pembelajaran bahasa Inggris di SMP Boarding School kurikulum pemerintah, dan kurikulum SMP Boarding School sendiri. Kurikulum dan silabus pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan di SMP Boarding School menggunakan kurikulum terpisah (separated Curriculum). (5) Peran guru sebagai motivator, instruktur, monitor, supervisor, fasilitator dan korektor terhadap kegiatan pembelajaran dan pemerolehan bahasa Inggris, dan peran santri sebagai partner, fasilitator dan monitor bagi teman nya.(6) Sistem Evaluasi di SMP Boarding School termasuk dalam jenis achievement tes, aptitude test dan evaluasi standar. ********** Support from environmental situations that support the process of learning English is one of the important factors that influence the success of learning English, especially speaking skills. In many ways this condition cannot be realized in learning English in class-based formal schools. The purpose of this study was to gain an in-depth understanding of the English conversation learning process in boarding school-based junior high schools. This research is a qualitative research using the ethnographic method of the Spradley This research was conducted in September 2021 up to September 2023. Data collection was carried out through direct participation in research settings by conducting interviews, direct observation, documentation studies and field notes. The results of this study indicate that (1) The general objective of learning English at SMP Boarding School is for students to be able to communicate in English. The specific goal is for students to master language skills, especially conversation in English. (2) The strategies used by students in learning English are: cognitive strategies, metacognitive strategies, social strategies and resource management strategies. (3) The English language learning curriculum at Boarding School Middle School is the government curriculum, and the SMP curriculum own boarding school. The curriculum and syllabus for learning English used at SMP Boarding School use a separate curriculum (separated curriculum). (5) The teacher's role is as a motivator, instructor, monitor, supervisor, facilitator and corrector for learning activities and English language acquisition, while the role of students is as a partner, facilitator and monitor for their friends. (6) The assessment system at SMP Boarding School includes in the types of achievement tests, aptitude tests and standard evaluations

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Muchlas Suseno, M.Pd. ; 2). Dr. H. Romdhani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Afrizal .
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:14
Last Modified: 25 Jul 2025 02:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56744

Actions (login required)

View Item View Item