ANNISA ALFAZRIN, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
1 Cover - Daftar Tabel.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2 File BAB 1.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
3 File BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4 File BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5 File BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6 File BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7 File Daftar Pustaka.pdf Download (520kB) |
![]() |
Text
8 Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ANNISA ALFAZRIN. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Instagram untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. April 2025 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran berbasis Instagram (@biocirculatory.id) guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi sistem sirkulasi. Dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan Hannafin dan Peck serta desain one-group pretest-posttest, produk divalidasi oleh ahli media, materi, dan bahasa dengan rata-rata skor kelayakan di atas 80% yang dikategorikan sebagai “sangat layak.” Hasil uji Wilcoxon menunjukkan peningkatan yang signifikan (p < 0,001), dan nilai N-Gain sebesar 0,75 (kelompok kecil) dan 0,76 (kelompok besar), yang mengindikasikan efektivitas sedang hingga tinggi. Penelitian ini merupakan salah satu upaya sistematis pertama dalam mengintegrasikan Instagram ke dalam pembelajaran biologi untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pedagogi digital, khususnya dalam mengintegrasikan media sosial ke dalam pembelajaran sains yang berpusat pada siswa. Kata Kunci: Instagram; Keterampilan berpikir kritis; Media pembelajaran; Sistem sirkulasi. ***** ANNISA ALFAZRIN. Development of Instagram-assisted Learning Media to Improve Students' Critical Thinking Skills on Circulatory System Material. Mini Thesis, Biology Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Jakarta. April 2025 Abstract. This study aimed to develop and evaluate Instagram-based learning media (@biocirculatory.id) to enhance high school students’ critical thinking skills on circulatory system content. Using the Hannafin and Peck R&D model and a one-group pretest-posttest design, the product was validated by media, material, and language experts, with average feasibility scores above 80%, categorized as “very feasible.” Wilcoxon test results showed a significant improvement (p < 0.001), and the N-Gain values were 0.75 (small group) and 0.76 (large group), indicating moderate to high effectiveness. This research represents one of the first systematic attempts to integrate Instagram into biology instruction for fostering critical thinking. The findings offer practical implications for digital pedagogy, particularly in integrating social media into student centered science learning. Keywords: Circulation system; Critical thinking skills; Instagram; Learning media;
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Rusdi, M.Biomed. ; 2). Fitria Pusparini, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Annisa Alfazrin . |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 06:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 06:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |