IFINA TRIMULIANA, . (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS ETNOPEDAGOGI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU RELIGIUS ISLAMI DAN KETERAMPILAN KOLABORASI ANAK USIA DINI. Doktor thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
01 COVER-1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02 BAB 1 (1).pdf Download (659kB) |
![]() |
Text
03 BAB 2 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
04 BAB 3 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
05 BAB 4 (1)_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
06 BAB 5 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07 DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (557kB) |
![]() |
Text
08 LAMPIRAN dan riwayat hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku religius islami penting untuk dikembangkan agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak mulia. Begitu juga dengan keterampilan kolaborasi menjadi bagian dari keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh anak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran proyek berbasis etnopedagogi untuk meningkatkan perilaku religius islami dan keterampilan kolaborasi anak usia dini. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain Borg & Gall yang dikombinasikan dengan Dick & Carey. Sepuluh tahapan Borg & Gall digunakan sebagai kerangka penelitian, sedangkan tahapan pengembangan mengacu pada desain Dick & Carey. Sampel penelitian melibatkan 52 orang anak. Penelitian berhasil mengembangkan (1) model pembelajaran (JARPRONOGI) untuk meningkatkan perilaku religius islami dan keterampilan kolaborasi anak usia dini. Model ini memiliki karakteristik: (a) mengintegrasikan nilai budaya/kearifan lokal dalam bermain, (b) melibatkan partisipasi aktif dan mendorong eksplorasi berdasarkan minat, (c) bersifat kontekstual dan kegiatan bermain dapat menggunakan bahan-bahan loose part dari lingkungan sekitar yang akrab bagi anak, (d) aktivitas pembelajaran dalam model JARPRONOGI dirancang berdasarkan prinsip pembelajaran berbasis proyek dan etnopedagogi, di mana setiap kegiatan yang dilakukan memiliki tujuan untuk menghadirkan suasana pembelajaran yang berkesan, menyenangkan dan bermakna, membangun kepekaan terhadap lingkungan alam dan budaya, menciptakan suasana pembelajaran yang dapat mendorong keterampilan kolaboratif serta membangun suasana pembelajaran yang mendorong munculnya perilaku religius anak. (2) Model pembelajaran JARPRONOGI layak untuk digunakan berdasarkan uji kelayakan oleh pakar dan pengguna. 3) Model pembelajaran JARPRONOGI juga terbukti efektif untuk meningkatkan perilaku religius islami dan keterampilan kolaborasi anak usia dini dengan perhitungan statistik non parametrik serta N-Gain Score. Perilaku religius islami yang teramati mencakup: kegiatan ibadah dalam bentuk berdoa, perilaku empati, menerima pendapat orang lain, menghormati orang lain dan menjaga lingkungan. Keterampilan kolaborasi yang teramati mencakup: menerima pendapat orang lain, berpartisipasi dalam kegiatan kelompok, bersama-sama menemukan penyelesaian masalah, menyelesaikan tugas yang diberikan dan perilaku menjaga barang-barang yang digunakan. Kata Kunci: Pembelajaran Proyek, Etnopedagogi, Perilaku Religius, Keterampilan Kolaborasi, Anak Usia Dini.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hapidin, M. Pd 2). Prof.Dr. Asep Supena, M. Psi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ifina trimuliana . |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:15 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |