YANUARD PUTRO DWIKRISTANTO, . (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI BERBASIS KASUS DENGAN TAKSONOMI PEMBELAJARAN SIGNIFIKAN FINK. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Mata kuliah Pengantar Akuntansi mengalami pemadatan dari 6 SKS menjadi 3 SKS. Perubahan ini memunculkan tantangan baru dalam mempertahankan capaian belajar mahasiswa pembelajaran yang penurunan dari rata-rata 83,03 menjadi 78,44, di bawah target capaian 85. Padahal mata kuliah ini menuntut tidak hanya penguasaan konsep dan aplikasi akuntansi, tetapi juga kemampuan mengembangkan solusi, kemandirian dan kerjasama, dan semangat belajar sepanjang hayat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta efektivitas model pembelajaran berbasis kasus dengan taksonomi pembelajaran signifikan Fink yang mendukung pembelajaran ini. Model dikembangkan menggunakan metode Research and Development (R&D) berdasarkan langkah-langkah dari Borg & Gall, yang mengadopsi dan memodifikasi pendekatan sistematis dari The Systematic Design of Instruction oleh Dick & Carey dalam tahap perancangan dan pengembangan produk pendidikan. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan utama. Pertama, model yang dihasilkan terdiri dari tujuh langkah, yaitu identifikasi, analisis, evaluasi, rekomendasi, diskusi, presentasi, dan refleksi. Pendidik dan peserta didik berinteraksi dalam pembelajaran baik secara mandiri maupun kelompok dengan perangkat pendukung berupa e-book bahan ajar, panduan peserta didik, dan pedoman pendidik. Kedua, uji kelayakan menunjukkan bahwa model dinilai sangat layak untuk diterapkan, dengan skor kelayakan rata-rata penilaian dari ahli materi, ahli desain dan ahli media sebesar 95,25. Ketiga, uji efektivitas menunjukkan capaian belajar mahasiswa dengan nilai akhir rata-rata sebesar 85,09 berada di atas target capaian. Temuan ini menunjukkan bahwa model dan perangkat pendukungnya layak dan efektif, serta dapat menjadi solusi bagi pembelajaran Pengantar Akuntansi yang terdampak pemadatan kurikulum. Kata kunci: model pembelajaran, pembelajaran berbasis kasus, Pengantar Akuntansi, taksonomi pembelajaran signifikan Fink ***** The Introductory Accounting course was condensed from 6 credits to 3 credits. This change has created new challenges in maintaining students’ learning achievement, which declined from an average of 83.03 to 78.44, falling below the target score of 85. Yet, this course requires not only mastery of accounting concepts and applications but also the ability to develop solutions, self-direction, collaboration, and lifelong learning attitudes. This study aims to develop and evaluate the feasibility and effectiveness of a case-based learning model incorporating Fink’s Taxonomy of Significant Learning to support instruction in this course. The model was developed using the Research and Development (R&D) method based on the steps of Borg & Gall, who adopted and modified the systematic approach of The Systematic Design of Instruction by Dick & Carey for the design and development of educational products. First, the resulting model consists of seven stages: identification, analysis, evaluation, recommendation, discussion, presentation, and reflection. Educators and students engage in both individual and group learning activities, supported by instructional tools such as an e-book, student guidebook, and instructor manual. Second, the feasibility test showed that the model was considered highly feasible for implementation, with an average feasibility score of 95.25 from the content expert, design expert, and media expert. Third, the effectiveness test indicated that students’ learning achievement, with a final average score of 85.09, exceeded the target benchmark. These findings indicate that the model and its supporting tools are both feasible and effective, offering a viable solution for enhancing the quality of learning in the Introduction to Accounting course affected by curriculum compression. Keywords: instructional model, case-based learning, Introduction to Accounting, Fink’s Taxonomy of Significant Learning
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd. ; 2). Dr. Khaerudin, M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 28133 not found. |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 01:51 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 01:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |