PENGARUH METODE DRILL TERHADAP PERBAIKAN PERILAKU PADA ANAK TUNAGANDA (Single Subject Research di Rumah Kepompong Sentra Terapi Tumbuh Kembang Jakarta)

PITRI RAHAYU, . (2020) PENGARUH METODE DRILL TERHADAP PERBAIKAN PERILAKU PADA ANAK TUNAGANDA (Single Subject Research di Rumah Kepompong Sentra Terapi Tumbuh Kembang Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode Drill terhadap perbaikan perilaku pada anak tunaganda kelas II di Rumah Kepompong Sentra Terapi Tumbuh Kembang Jakarta Selatan. Fokus penelitian ini adalah perbaikan perilaku dengan pengurangan perilaku berada di atas meja yaitu duduk di atas meja. Subjek penelitian ini adalah satu anak tunaganda berinisial KA. Metode yang digunakan adalah Penelitian Dengan Subjek Tunggal atau Single Subject Research dimana tahapan pada metode tersebut terdiri dari tahap Baseline (A1), Intervensi (B), dan Baseline (A2). Data penelitian diperoleh melalui hasil pengamatan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Drill dalam perbaikan perilaku memberikan pengaruh berupa pengurangan perilaku berada di atas meja (duduk di atas meja) terhadap anak tunaganda di Rumah Kepompong Sentra Terapi Tumbuh Kembang Jakarta Selatan. Oleh karena itu, diharapkan guru dapat menggunakan metode Drill dalam mengurangi perilaku negative anak tunaganda. Kata kunci: Metode Drill, perbaikan perilaku, tunaganda. This research aims to figure out the effect of Drill method to behavior improvement manner on children of Class II multiple disability at Rumah Kepompong Sentra Terapi Tumbuh Kembang, South Jakarta. The focus of this research is behavior improvement by decrease behavior in sitting on the table, in which is one of the on-table manners. The subject of the research is reaching out to one of multiple disability children, under the name of KA. The method used in this research is Single Subject Research where the steps of the method itself consists of Baseline (A1), Intervention (B), and Baseline (A2). The data is gained throughout the observation. Based on the research, it can be concluded that Drill method is able to behavior improvement has an effect to decrease on-table manner to the children of Class II multiple disability at Rumah Kepompong Sentra Terapi Tumbuh Kembang, South Jakarta, in hopes the teacher will also be able to implement the method in decreasing the negative manner of multiple disability children. Key word: drill methode, behavior improvement manner, multiple disability

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Etty Hasmayati, M.Pd. ; 2). Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 1980 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2020 15:40
Last Modified: 24 Mar 2020 15:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5696

Actions (login required)

View Item View Item