RANTI DWI AGUSTIN, . (2025) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA KELAS IV SDN CIPINANG 03. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN..pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media gambar berseri. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks narasi yang sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 32 orang. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan MC. Taggart, yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Data penelitian terdiri dari data proses dan data hasil belajar peserta didik. Pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 65,6%, meskipun belum memenuhi indikator keberhasilan minimal 80%. Setelah perbaikan pada siklus II, ketuntasan meningkat menjadi 87,5%, dengan peningkatan total sebesar 50% dari pra-penelitian. Selain itu, skor keterlaksanaan tindakan guru meningkat dari 86,6% menjadi 100%, dan aktivitas siswa meningkat dari 78,3% menjadi 98,3%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan menyenangkan, serta efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. ***** This study aims to improve the narrative text writing skills of fourth-grade students through the implementation of the cooperative learning model type Think Pair Share (TPS) assisted by serial picture media. The background of this research lies in the low ability of students to write narrative texts in accordance with proper structure and language conventions. The subjects of this research were 32 fourth grade students. The classroom action research model used was the Kemmis and McTaggart model, which consists of two cycles, each including the stages of planning, action and observation, and reflection. The data in this study consisted of process data and student learning outcomes. In the first cycle, learning mastery increased to 65,6%, although it had not yet reached the minimum success indicator of 80%. After improvements made in the second cycle, mastery rose to 87,5%, with a total increase of 50% from the pre-research. Additionally, the teacher’s action implementation score improved from 86.6% to 100%, and student activity rose from 78.3% to 98.3%. These results indicate that the application of the Think Pair Share model can create an active, collaborative, and enjoyable learning atmosphere, and is effective in enhancing students’ narrative writing skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd. ; 2). Dr. Anggi Citra Apriliana, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ranti Dwi Agustin . |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:01 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |