SHAKILLA PUTU MAHENDRA, . (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP MELALUI MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS 1 SD DI SINGAPORE INTERCULTURAL SCHOOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (923kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III METODOLOGI.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan penerapan pendekatan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar lempar tangkap. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan atau action research. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu siklus yang terdiri dari tiga tindakan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian lempar tangkap ini meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor. Sementara itu alat ukur yang digunakan untuk hasil peningkatan gerak dasar lempar tangkap yaitu lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan pendekatan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar lempar tangkap baik itu dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil peningkatan tersebut dapat dilihat dari peningkatan hasil persentase pada pre-test dan post-test. Data awal adalah 37,5% berada pada status tuntas, dan 62,5% berada pada status tidak tuntas. Sedangkan pada akhir hasil adalah 100% berada pada status tuntas, dan 0% tidak tuntas. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu dengan menerapkan pendekatan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar lempar tangkap pada siswa kelas 1 SD Singapore Intercultural School. Kata Kunci: Penelitian Tindakan, Lempar Tangkap, Media Modifikasi ***** The purpose of this study was to determine that the application of a modified media approach can improve the learning outcomes of throwing and catching. The research method used in this study is Action Research. In this study, the researcher used one cycle consisting of three actions. The instruments used in this throwing and catching study include cognitive, affective, and psychomotor assessments. Meanwhile, the measuring instrument used for the results of improving basic throwing and catching movements is an observation sheet. The results of the study showed that the application of a modified media approach can improve the learning outcomes of throwing and catching both from cognitive, affective, and psychomotor aspects. The results of this increase can be seen from the increase in the percentage results in the pre-test and post-test. The initial data was 37.5% in the completed status, and 62.5% in the incomplete status. While at the end the results were 100% in the completed status, and 0% were incomplete. The conclusion of the results of this study is that by applying a modified media approach, it can improve the learning outcomes of throwing and catching in grade 1 students of Singapore Intercultural School Elementary School. Keywords: Action Research, throwing and catching, modified media
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Eka Fitri Novita Sari, S.Pd., M.Pd. ; 2). Dr. Iwan Setiawan, M.Pd. |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | FIO > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Users 28261 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 01:01 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 01:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |