UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARGERAK DASAR LOKOMOTOR MELOMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TALI KARET PADA SISWA KELAS 2A SDIT NURUL IMAN PONDOK BAMBU

QOIDAH SUCI MELIYAWATI, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARGERAK DASAR LOKOMOTOR MELOMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TALI KARET PADA SISWA KELAS 2A SDIT NURUL IMAN PONDOK BAMBU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Jasmani merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran di sekolah yang berfokus pada pengembangan fisik, kognitif, sosial, dan emosional peserta didik. Salah satu aspek penting dalam Pendidikan Jasmani adalah keterampilan gerak dasar lokomotor yang perlu dikuasai sejak dini, seperti berjalan, berlari, dan melompat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor melompat melalui media permainan lompat tali karet pada siswa kelas 2 A SDIT Nurul Iman Pondok Bambu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Hopkins dengan dua siklus. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari tahap observasi sebesar 55,17%, meningkat menjadi 69,91% pada siklus I, dan mencapai 81,1% pada siklus II. Tingkat ketuntasan belajar siswa juga meningkat secara signifikan dari 4% pada tahap observasi menjadi 44% pada siklus I, dan mencapai 100% pada siklus II. Media permainan tali karet terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak dasar melompat, karena memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan, menurunkan rasa takut siswa, serta mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan belajar. Kata kunci: Pendidikan Jasmani, Gerak Dasar Lokomotor, Melompat, Media Tali Karet, Pembelajaran Bermain ***** Physical Education is an essential part of the learning process at school, focusing on the development of students' physical, cognitive, social, and emotional aspects. One of the key elements in Physical Education is the mastery of basic locomotor skills from an early age, such as walking, running, and jumping. This study aims to improve learning outcomes in basic locomotor jumping skills through the use of a rubber jump rope game as a learning medium for Grade 2 A students at SDIT Nurul Iman Pondok Bambu. This research employed the Classroom Action Research (CAR) method using the Hopkins model and was conducted in two cycles. Data were collected through observation, documentation, and assessment of student learning outcomes. The results showed an improvement in student learning outcomes from 55.17% in the observation phase to 69.91% in cycle I, and 81.1% in cycle II. The students' learning mastery rate also increased significantly from 4% in the observation phase to 44% in cycle I, and reached 100% in cycle II. The rubber jump rope game proved effective in enhancing basic jumping skills, as it created a fun learning environment, reduced students' fear, and encouraged active participation in learning activities. Keywords: Physical Education, Basic Locomotor Movement, Jumping, Rubber Rope Media, Play-Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Taufik Rihatno ; 2). Mastri Juniarto, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Qoidah suci meliyawati .
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:38
Last Modified: 31 Jul 2025 03:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57039

Actions (login required)

View Item View Item