PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK MOTORIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI (Penelitian Research & Development pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau)

Ilga Maria, . (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK MOTORIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI (Penelitian Research & Development pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (882kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (410kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan sosial anak usia dini menjadi dasar kesuksesan dalam membangun hubungan dengan orang lain dan menunjukkan hubungan positif dengan prestasi akademik anak, perkembangan intelektual dan perilaku, serta adaptasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran gerak motorik untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (RnD). Sampel pada penelitian ini melibatkan 63 orang anak yang terdiri dari 5 anak pada uji kelompok kecil, 20 anak pada uji kelompok besar dan 38 anak pada uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di lembaga PAUD Kota Pekanbaru, Provinsi Riau masih rendah pada beberapa aspek yaitu komunikasi, kerjasama, kegigihan, dan keterlibatan anak sehingga butuh stimulus lebih lanjut. 2) Bentuk stimulasi keterampilan sosial anak usia dini di lembaga PAUD di Kota Pekanbaru, Provisi Riau belum optimal dilakukan dimana guru masih menggunakan pembiasaan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini sehingga beberapa aspek sosial anak belum berkembang sesuai harapan dan perlu adanya upaya peningkatan. Selain itu pemanfaatan media digital sudah menjadi hal biasa dilalakukan guru, namun guru masih nyaman menggunakan media konvensional seperti gambar. 3) Model pembelajaran gerak motorik melalui sepuluh langkah pengembangan produk Dick and Carey. 4) Produk pengembangan berupa model pembelajaran gerak motorik untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini layak secara teoritik dan empirik. Kelayakan teoritik berdasarkan hasil uji pakar materi, model pembelajaran, dan media. Kelayakan empirik berdasarkan hasil uji one to one, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar. 6) Model pembelajaran gerak motorik dapat meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini melalui pengujian quasi eksperimen dengan membandingkan hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran gerak motorik efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini. Early childhood social skills serve as a foundational element for success in establishing interpersonal relationships and are positively associated with academic achievement, cognitive development, behavioral outcomes, and school adaptation. This study aims to develop a movement skill learning model to enhance social skills in early childhood learners. The research employs a Research and Development (R&D) approach, with a sample of 63 children, consisting of 5 participants in a small-group trial, 20 in a large-group trial, and 38 in the effectiveness assessment. The findings reveal that: (1) The social skills of children aged 5-6 years in childhood education in Pekanbaru City, Riau Province are still low in several aspects, namely communication, cooperation, persistence, and child involvement, so further stimulus is needed. (2) The stimulation of social skills in early childhood within Early Childhood Education (PAUD) institutions in Pekanbaru City, Riau Province, remains suboptimal. Teachers predominantly rely on habituation techniques to foster social skills, resulting in underdeveloped aspects of social interaction that require further reinforcement. Furthermore The integration of digital media in PAUD institutions has become common practice, However, in actual implementation, teachers still prefer conventional instructional media, such as printed visuals. (3) The development of the motor skill learning model follows ten steps of Dick and Carey instructional design model. (4) The resulting product, which is a motor skill learning model, is both theoretically and empirically validated. Theoretical validation is based on expert assessments in content, instructional design, and media, while empirical validation is supported by one-on-one testing, small-group trials, and large-group trials. (5) The quasiexperimental evaluation demonstrates that the motor skill learning model significantly improves early childhood social skills, as evidenced by comparative analysis of pretest and posttest results between the control and experimental groups. In conclusion, motor skill learning serves as an effective pedagogical strategy for fostering social skill development in early childhood, offering a validated and empirically supported model for early education practitioners. Keywords: Social Skills, Learning Model, Motor Skills, Early Childhood

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr.Yufiarti, M.Psi. ; 2). Prof. Dr. M.Syarif Sumantri, M.Pd.;
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ilga maria .
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:34
Last Modified: 31 Jul 2025 04:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57095

Actions (login required)

View Item View Item