LUTHFIAH, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BUKTIF (BUKU AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI BENTUK, WARNA, DAN TEKSTUR ANAK USIA 4–5 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
cover nim.pdf Download (318kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (257kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (269kB) |
|
Text
lembar originalitas.pdf Download (258kB) |
|
Text
surat pernyataan persetujuan publikasi.pdf Download (279kB) |
|
Text
kata pengantar.pdf Download (269kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (404kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (286kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (208kB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
daftar riwayat hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
Abstract
Klasifikasi adalah konsep dasar yang berlaku di seluruh kurikulum, sebelum belajar mengenai penambahan dan pengurangan formal, anak-anak perlu belajar tentang mengelompokan dan bagaimana mereka dapat menggabungkan dan memisahkan objek. Dengan kata lain, anak-anak harus mempraktikkan klasifikasi. Media mempunyai peran penting dalam pendidikan anak usia dini. Media mengirimkan konten kepada peserta didik dan melibatkan peserta didik dengan kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berdasarkan kemampuan klasifikasi untuk anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian ini adalah karya inovatif dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di RA Ash-Shofa dan BKB PAUD Dahlia, Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah ahli media dan ahli materi sebagai validator dan 10 anak RA Ash-Shofa dan BKB PAUD Dahlia berusia 4-5 tahun. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran yang disebut Media BUKTIF (Buku Aktif). Berdasarkan uji validitas dengan ahli media, media pembelajaran BUKTIF (Buku Aktif) dikategorikan sangat valid dengan tingkat validitas 97,5%. Berdasarkan uji validitas dengan ahli materi, media pembelajaran BUKTIF (Buku Aktif) dikategorikan sangat valid dengan tingkat validitas 82,5%. Berdasarkan hasil uji coba pada anak, media pembelajaran BUKTIF (Buku Aktif) sangat valid dengan tingkat validitas 96,25%. Dari hasil ini, media BUKTIF (Buku Aktif) sangat valid dan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran anak usia 4-5 tahun. Classification skill is fundamental concept that applies across the curriculum, before doing any formal addition and subtraction, children need to learn about groups and how they can join and separate them. In other words, children must practice classification. Media plays a significant role in early childhood education. Media delivers content to the learners and provides tools to engage learners powerfully. This study aimed to develop learning media based on classification skill for children aged 4-5 years old. The method of this study was research and development with ADDIE model. This research conducted at RA Ash-Shofa and BKB PAUD Dahlia, East Jakarta. The subjects of this research were media experts and subjects matter experts as validators and 10 children aged 4-5 years old of RA Ash-Shofa and BKB PAUD Dahlia. The object of this research was learning media called Media BUKTIF (Buku Aktif). Based on the validity test with media experts, the learning media BUKTIF (Buku Aktif) was categorized as very valid with 97,5% validity rate. Based on the validity test with subjects matter experts, the learning media BUKTIF (Buku Aktif) was categorized as very valid with 82,5% validity rate. Based on validity test, with 10 children aged 4-5 years old of RA Ash-Shofa and BKB PAUD Dahlia the learning media BUKTIF (Buku Aktif) was categorized as very valid with 96,25% validity rate. From these result, media BUKTIF (Buku Aktif) is very valid and very proper for 4-5 years old children’s for learning media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Yasmin Faradiba, M.Pd. ; 2) Eriva Syamsiatin, S.Pd, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 1120 not found. |
Date Deposited: | 24 Mar 2020 20:23 |
Last Modified: | 24 Mar 2020 20:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5714 |
Actions (login required)
View Item |