PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN MEKANISME KATUP PADA MATA KULIAH SEPEDA MOTOR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

YOGI FEBRIANTO, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN MEKANISME KATUP PADA MATA KULIAH SEPEDA MOTOR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi pada materi mekanisme katup serta untuk mengetahui kelayakan video animasi tersebut untuk pembelajaran di kelas mata kuliah sepeda motor Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D (Research and Development) yang dilakukan di mata kuliah sepeda motor. Penelitian ini menghasilkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis video animasi. Tahap dalam pengembangan media pembelajaran berupa ini dimulai dari 1) Tahap disain produk; 2) Tahap validasi dan evaluasi; 3) Tahap produk akhir. Validasi dan penilaian produk dilakuakan oleh ahli media, ahli materi dan mahasiswa. Untuk instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan langsung kepada validator. Hasil penelitian ini adalah modul yang telah divalidasi oleh ahli media , ahli materi dan mahasiswa. Hasil persentase penilaian dari ahli media 90% , presentase penilaian dari ahli materi 84% dan penilaian dari mahasiswa 88%. Sehingga nilai akhir yang diperoleh dari ahli media , ahli materi dan mahasiswa dikategorikan layak untuk dijadikan media pembelajaran pada proses pembelajaran. Kata kunci : Pengembangan, media, video, pembelajaran, animasi ABSTRACT This Study aims to develop instructional media in the form of animated videos on valve mechanism material as well as to determine the feasibility of the animated video for learning in motorcycle subject classes in Mechanical Engineering Education, State University of Jakarta. The method used in this study is R&D (Research and Development) conducted in motorcycle subjects. This research produces learning products in the form of animated video-based learning media. The stage in developing learning media in this form starts from 1) The stage of product design; 2) The validation and evaluation stage; 3) The final product stage. Product validation and evaluation are carried out by media experts, material experts and students. For data collection instruments in the form of a questionnaire distributed directly to the validator. The results of this study are modules that have been validated by media experts, material experts and students. The percentage results of the assessment of media experts 90%, the percentage of assessment of material experts 84% and 88% of the assessment of students. So that the final grades obtained from media experts, material experts and students are categorized as suitable media for learning in the learning process. Keywords: Development, media, video, learning, animation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Riyadi, S.T., M.T. ; 2). Ahmad Kholil, S.T., M.T.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2069 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2020 15:04
Last Modified: 16 Apr 2020 15:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5720

Actions (login required)

View Item View Item